MARYAM, IBU ISA AL-MASIH, DI ATAS SEMUA WANITA!

Topik-01-Nativity-SceneKita tahu bahwa ibu Isa Al-Masih adalah Maryam. Bagaimana penghargaan Al-Quran buat dia? Saudara dipersilakan membaca kutipan dari pakar Islam Mesir, Muhammad Majdi Marjan:

Bahkan ia (Maryam) diangkat ke kelas wanita pilihan Allah di dunia, …. “Dan ingatlah ketika Malaikat (Jibril) berkata: ‘Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilihmu dan mensucikanmu dan melebihkanmu di atas semua wanita dunia’.” (Sura Ali Imran 42).Begitu mulia posisi Maryam, sampai-sampai Al-Qur’an memberi predikat kafir terhadap orang yang mengarang fitnah dan menyebarluaskan tuduhan palsu terhadap Maryam itu. (1)

Demikian bukan Hawa, ibu Habel; Jokebed, ibu Musa; ibu Nabi Ibrahim tetapi Maryam, dan Maryam saja, ibu Isa Al-Masih yang disebut wanita utama di seluruh alam. Sudah jelas Maryam adalah ibu terkemuka dari ibu semua nabi. Herankah Saudara akan kedudukan utama yang diberikan kepada ibu Isa Al-Masih? Mengapa demikian? Ada beberapa kemungkinan. Karena Maryam melahirkan Isa Al-Masih yang kedatanganNya dari surga ke dalam dunia dijanjikan ratusan tahun sebelumnya oleh Allah. Kelahiran ini terjadi tanpa hubungan dengan seorang laki. Demikian Kalimah Allah yang kekal adanya, menjelma menjadi manusia dan masuk ke dalam dunia dengan gelar “Isa Al-Masih”. Lagi Yang dilahirkannya menyediakan jalan keselamatan dari dosa untuk seluruh umat manusia yang percaya kepadaNya.

Kita perlu ingat bahwa Maryamlah satu-satunya ibu di sejarah dunia yang dilebihkan di atas semua wanita lain di dunia karena ia melahirkan Kalimah Allah, Isa Al-Masih. Demikian Kitab Suci, Injil, Lukas 1:42, 48 berbunyi:

Diberkatilah engkau [Maryam] di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu [yaitu Isa Al-Masih] . . . [kata Maryam] Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia….Lalu kata malaikat …:

Dan lagi Injil, Lukas 2:10-12: Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat yaitu Kristus [Al-Masih], Tuhan, di kota Daud.

Kita semua terikat dan dikuasai oleh dosa sehingga walaupun kita berusaha dengan sekuat tenaga untuk dilepaskan dari ikatan dosa, masih harus diakui bahwa dosa selalu menguasai kita. Tetapi, melalui ibu Maryam, wanita utama di seluruh alam, Sang Juruselamat, yaitu Kalimah Allah, telah masuk di dunia. Juruselamat ini dapat menyelamatkan manusia dari ikatan maupun hukuman dosa.

Seorang perlu mengaku dosanya dan minta Sang Juruselamat mengampuni dosanya dan memberikan kepadanya hidup yang kekal. Seorang perlu bertobat dari dosanya, percaya bahwa Isa Al-Masih menderita hukuman untuk dosanya di kayu salib dan menerima hidup kekal daripadaNya.

(1) Isa, Manusia Apa Bukan?, Muhammad Majdi Marjan, Penerbit Buku Andalan, Gema Insani Press, Jakarta, 1990. Judul asli: Al-Masih Insaanun Am Ilaahun?, hal. 55-56.

  • Share/Bookmark

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silahkan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

Leave a Response

You must be logged in to post a comment.