Mengenal Isa Almasih

Isa Almasih Kurban Yang Agung

Isa Almasih Kurban Yang Agung

An article on “Mengenal Isa Almasih” from the Christian perspective in Malay language.

Nabi-nabi TUHAN seperti Nabi Nuh hidup selama 950 tahun; Nabi Adam selama 930 tahun; Nabi Ibrahim selama 175 tahun dan Nabi Ismail hidup selama 137 tahun! Mereka semuanya menikmati hidup yang begitu lama dan kehidupan yang membanggakan. Walaubagaimanapun, purata umur kini hanyalah dalam lingkungan antara 66 hingga 80 tahun bagi seorang manusia. Jarang sekali kita mendengar umur seseorang itu menjangkau lebih dari 100 tahun! Apakah yang menyebabkan kemerosotan usia yang mendadak ini?

Hidup dan mati seseorang itu kadang-kadang kita kaitkan dengan takdir Tuhan. Setengah orang hidup sampai umur yang tua, dan setengah orang pula mati dalam umur yang masih muda lagi. Tua atau muda, seseorang itu pasti akan menemui ajalnya bila sampai masa nanti. Alkitab, kitab suci orang Kristian, memberi satu penjelasan mengapa manusia mempunyai umur yang pendek. Salah satu faktor utama ialah dosa.

Alkitab ada menyatakan:

“Orang yang takut dan hormat kepada Allah akan hidup lama; orang jahat akan mati sebelum saatnya.” (Kitab Amsal Bab 10 ayat 27)

“Hai anakku, jangan lupa akan ajaranku. Ingatlah selalu akan perintahku, supaya panjang umurmu dan makmur hidupmu.” (Kitab Amsal Bab 3 ayat 1 & 2)

APAKAH ITU DOSA?

Seterusnya, Kitab Amsal Bab 5 ayat 21 hingga 23 seterusnya menyatakan:

“Allah nampak segala perbuatanmu. Ke mana sahaja kamu pergi, kamu diawasi-Nya. Dosa orang jahat bagaikan perangkap. Orang itu akan terjerat oleh dosanya sendiri. Dia akan mati kerana tidak dapat menahan nafsu. Kebodohannya akan membawa dia ke kubur.”

Dosa itu perbuatan melawan atau melanggar kehendak Allah:

“Tetapi orang yang terus menerus berbuat dosa, melawan Allah; kerana tiap dosa adalah perbuatan melawan kehendak Allah.” (Surat I Yohanes Bab 3 ayat 4)

Dosa itu tidak memenuhi harapan Allah yang mulia:

“Ya, semua orang telah berdosa; semuanya tidak memenuhi harapan Allah yang mulia.” (Surat Rom Bab 3 ayat 23)

Dosa itu perbuatan atau hal memberontak terhadap Allah secara pasif dan aktif:

“Allah berfirman, ‘Hai langit dan bumi, dengarlah firman-Ku! Anak-anak yang Aku besarkan telah memberontak terhadap Aku’.” (Kitab Yesaya Bab 1 ayat 2)

Dosa itu tidak mempunyai kepercayaan terhadap Allah yakni memanggil Allah sebagai pembohong atau pendusta:

“Oleh itu, sesiapa yang percaya kepada Anak Allah(yakni, Kalimah Allah), mempunyai kesaksian itu di dalam hatinya. Tetapi sesiapa yang tidak percaya kepada Allah, menjadikan Allah pendusta kerana orang itu tidak percaya kepada apa yang difirmankan Allah tentang Anak-Nya.” (Surat I Yohanes Bab 5 ayat 10)

Alkitab menyatakan:

“Sebab ada tiga yang memberi kesaksian di dalam syurga: Bapa(yakni, Pencipta), Firman(yakni, Isa Almasih) dan Roh Kudus(yakni, Petunjuk); dan ketiga-tiganya adalah satu.” (I Yohanes bab 5 ayat 7)

Dari Injil Yohanes bab 1 ayat 1-3, kita diberitahu yang Firman itu merujuk kepada Isa Almasih:

“Sebelum dunia ini diciptakan, Firman sudah ada. Firman itu bersama-sama Allah, dan Firman itu sama dengan Allah. Sejak permulaan, Firman itu bersama-sama Allah. Allah menjadikan segala sesuatu melalui Dia. Tiada sesuatu pun di semesta alam ini yang dijadikan tanpa Dia.”

Injil Yohanes bab 1 ayat 14 seterusnya menyatakan:

“Firman itu sudah menjadi manusia dan tinggal antara kita.”

Dosa itu memilih jalan sendiri iaitu merancang hidup kita mengikut kehendak kita sendiri tanpa petunjuk TUHAN.

“Dahulu kita semua seperti domba yang sesat, masing-masing mengikut jalan sendiri. Tetapi Allah menjatuhkan hukuman kepadanya, hukuman yang seharusnya dijatuhkan kepada kita.” (Kitab Yesaya bab 53 ayat 6)

Setiap kesalahan merupakan dosa:

“Setiap kesalahan tentu saja merupakan dosa. Saya tidak membicarakan dosa-dosa yang biasa;yang saya bicarakan ialah dosa yang berakhir dengan kematian.” (Surat I Yohanes bab 5 ayat 17)

“Jikalau kita berkata bahawa kita tidak berdosa, kita hanya menipu diri sendiri dan tidak mau menerima kebenaran.” (Surat I Yohanes bab 1 ayat 8)

KEADAAN MANUSIA – SEORANG PENYELAMAT(ALMUKHALIS) DIPERLUKAN

Manusia berada di dalam keadaan kebinasaan dan menghadapi hukuman:

“Seperti yang tertulis di dalam Alkitab, ‘Tidak seorang pun yang benar di sisi Allah, tidak seorang pun yang memahami apa yang benar, dan tidak seorang pun menyembah Allah. Semua orang sudah menjauhkan diri daripada Allah; semuanya sudah sesat. Tidak seorang pun berbuat benar; seorang pun tidak!’ ” (Surat Rom Bab 3 ayat 10-12)

Secara am, manusia telah memilih jalan yang tidak bermoral dan menemui jalan yang menyesatkan:

“Kerana manusia tidak mahu mengakui Allah, Allah membiarkan fikiran mereka menjadi rosak, sehingga mereka melakukan hal-hal yang tidak senonoh. Hati mereka penuh dengan kejahatan, kekejaman, ketamakan, kebusukan dan kedengkian, keinginan untuk membunuh, berkelahi, menipu, dan mendendam. Mereka suka mengumpat, memburukkan nama orang lain; mereka sombong dan biadab, yang membenci Allah dan bercakap besar. Mereka memikirkan cara-cara baru untuk melakukan kejahatan. Mereka melawan ibu bapa, tidak berakhlak, memungkiri janji, dan tidak berperikemanusiaan. Mereka tahu bahawa menurut hukum Allah, orang yang berbuat semua itu harus dihukum mati. Namun demikian mereka terus menerus melakukan hal-hal itu; bahkan mereka menyetujui orang lain yang berbuat demikian.” (Surat Rom Bab 1 ayat 28-32)

Manusia ditinggalkan dalam keadaan dosa jauh dari nikmat dan persahabatan dengan TUHAN.

“Tetapi yang menjadi penghalang ialah dosa-dosamu. Itulah yang telah memisahkan kamu dengan TUHAN. Kerana segala dosamu, maka Dia tidak mau melihat kamu dan tidk mau mendengarkn kamu.” (Kitab Yesaya bab 59 ayat 2)

Surat Rom bab 3 ayat 23 menggambarkan keadaan manusia dari analisa Allah Sendiri iaitu memiliki roh yang tidak bernyawa lagi:

“Ya, semua orang telah berdosa; semuanya tidak memenuhi harapan Allah yang mulia.” (Surat Rom Bab 3 ayat 23)

Ayat yang disebutkan tadi ditujukan kepada semua orang. Seorang Penyelamat diperlukan oleh kerana manusia sudah berdosa. Penyelamat itu akan menebus dosa manusia.Hanya Allah sajalah yang boleh melaksanakannya.

HUKUMAN KERANA DOSA – HUKUMAN MATI

TUHAN memberi peringatan kepada manusia(yakni kepada Adam dan Hawa) semasa menempatkan mereka di Taman Eden:

“Semua buah di taman ini boleh kaumakan, kecuali buah Pohon Pengetahuan kerana buah pohon itu akan membukakan matamu tentang yang baik dan yang jahat. Kalau engkau makan buah pohon itu, engkau pasti mati.” (Kitab Kejadian Bab 2 ayat 17)

Allah berfirman lagi di dalam ayat berikut:

“Sebab upah dosa ialah maut.” (Surat Rom Bab 6 ayat 23a)

Adakah Allah mencampakkan kita begitu saja tanpa memberi jalan keluar? Adakah Allahg membiarkan kita musnah tanpa apa-apa harapan? Tentunya tidak! Allah yang Maha Penyayang dan Pengasih membuka satu jalan untuk memberi harapan kepada umat manusia.

PENAWAR TUHAN – KORBAN DARAH YANG TIDAK BERDOSA

Allah berfirman: “…tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan dosa.” (Surat Ibrani Bab 9 ayat 22)

Mari kita ambil Nabi Adam sebagai contoh. Adam berdosa, tetapi dengan pengorbanan seekor binatang, TUHAN memberikan satu jalan untuk memperbaharui ikatan harmoni yang sedia wujud di antara Allah yang Maha Suci dengan Adam yang berdosa.

Setiap tahun orang yang beragama Islam meraikan Hari Raya Haji (korban, adha) iaitu hari besar Islam yang dirayakan pada 10 Zulhijah. Pada hari itu, setiap keluarga mengorbankan seekor binatang. Mereka mengingat kembali peristiwa korban yang dibuat oleh Nabi Ibrahim di mana Allah menggantikan anak Nabi Ibrahim yang dijadikan korban dengan seekor domba.

“Setelah itu, Nabi Ibrahim mengangkat pisaunya untuk menyembilih anaknya. Pada saat itu, malaikat Allah berseru kepadanya dari langit, ‘Ibrahim! Ibrahim! Singkirkn pisau itu, jangan kaubunuh anakmu. Kerana Aku tahu bahawa engkau mengutamakan Allah dalam hidupmu sehingga engkau rela menyerahkan bagi-Ku anakmu yang sangat kaukasihi sekalipun.” (Dari Taurat, Kitab Kejadian Bab 22 ayat 10-12)

“Ketika Ibrahim mengangkat kepalanya dan memandang sekitarnya ia melihat seekor domba jantan yang tanduknya tersekat di semak-semak. Maka Ibrahim mengambil itu sebagai pengganti anaknya untuk dipersembahkan menjadi korban bakaran.” (Dari Taurat, Kitab Kejadian bab 22 ayat 13)

Peristiwa tersebut memberi gambaran kepada kita mengenai penebusan dosa yang disediakan oleh Allah. Allah memberi petunjuk kepada kita tentang prinsip pengorbanan dan penggantian di sini.

Menerusi pengorbanan, penumpahan darah berlaku. Hukuman dosa mesti dibayar. Persoalannya ialah sama ada kita sendiri yang menanggung dosa melalui hukuman mati atau melalui penggantian; atau kita membenarkan Allah Sendiri menanggungnya untuk kita melalui pengorbanan. Pengorbanan yang macam mana?

Seperti domba yang disediakan oleh Allah sebagai pengganti anak Nabi Ibrahim, Allah mengutuskan Isa Almasih ke dunia ini sebagai korban untuk menebus dosa kita dan untuk umat manusia pada keseluruhannya.

Isa Almasih berfirman:

“Aku ini Gembala yang baik. Aku mengenal domba-domba-Ku dan mereka mengenal Aku. Aku mempunyai domba-domba lain di dalam kandang yang lain. Mereka juga harus Kubawa dan mereka akan mendengar suara-Ku.” (Injil Yohanes Bab 10 ayat 16)

Isa Almasih diutus bukan saja kepada bani Israel tetapi juga kepada “domba-domba” yang lain yakni umat manusia yang berada di dunia ini. Isa Almasih diutus untuk menyelamatkan kita dari ancaman hukuman mati.

Jika di bawah sistem sembah korban yang lama, darah lembu jantan dan darah kambing serta abu lembu muda dapat menyucikan tubuh manusia dari dosa. Bayangkanlah saja, betapa pastinya darah Isa Almasih boleh mengubah kehidupan serta hati kita.

Pengorbanan-Nya membebaskan kita dari kehausan mentaati peraturan lama dan menjadikan kita ingin melayani Allah yang hidup. Dengan pertolongan Roh Kudus, Isa Almasih rela mengorbankan nyawa-Nya Sendiri untuk menebus dosa kita.

Allah membayar suatu harga tebusan yang tinggi untuk melepaskan kita dari jejak nenek moyang yang berusaha dengan sia-sia untuk mencapai syurga. Isa Almasih yang mati di atas kayu salib telah mendamaikan segala sesuatu di bumi dan di syurga dengan Allah.

Oleh itu, kita sekarang dapat berdiri di hadirat Allah tanpa cela, tanpa sesuatu yang dapat menyebabkan kita ditegur oleh Allah.

Satu-satunya syarat ialah kita harus mempercayai kebenaran serta memegangnya dengan teguh, kuat di dalam Allah, yakin akan berita kesukaan bahawa Isa Almasih mati untuk kita, dan tidak ragu-ragu bahawa Isa Almasih ialah Penyelamat kita.

HIDUP BARU DAN PENGAMPUNAN

Allah kaya dengan rahmat. Dia sangat mengasihi kita walaupun secara rohani, kita sudah mati, dan sudah binasa kerana dosa kita. TUHAN mengembalikan hidup yang baru kepada kita pada waktu Dia membangkitkan Isa Almasih dari antara orang mati. Kita diselamatkan kerana kasih kurnia-Nya yang tidak layak kita terima.

Hidup yang baru ini dikurniakan oleh kerana kemurahan Allah. Kita tidak perlu bekerja keras atau membayar sesen pun untuk memperolehinya.

“Siapa pun yang menyebut nama Tuhan akan diselamatkan.” (Surat Rom bab 10 ayat 13). Ayat ini bermakna sesiapa yang menyebut nama Isa Almasih untuk menyelamatkannya, Dia akan berbuat demikian.

Berikut ialah panduan untuk berdoa bagi menebus dosa kita:

” Ya Tuhan yang Maha Penyayang lagi Pengasih, saya memanggilMu agar Engkau menyelamatkan saya dari segala dosa yang menjadi jurang antara kita. Saya menerima Isa Almasih sebagai Penyelamat saya dan Penebus segala dosa saya. Saya bersyukur atas apa yang telah di lakukan oleh Isa Almasih yang telah bangkit dari antara orang mati. Amin.”

Kasih Abang Kepada Seorang Adik

Pernahkah kita bertanya, “Apakah kaitannya kematian Isa Al-Masih di atas kayu salib itu dengan kita ?” Persoalan ini mungkin merungsingkan fikiran kita kerana sesetengah orang tidak percaya bahawa Isa Al-Masih pernah mati. Tambah lagi, mati untuk menebus dosa manusia ?! Tidak masuk akal langsung!

Biarlah saya ceritakan satu kejadian yang betul-betul berlaku beberapa tahun yang lalu. Saya berharap cerita ini dapat memberi gambaran yang jelas dan munasabah untuk memahami perkaitan kita dengan kematian Isa Al-Masih.

Beginilah kisahnya.

Di negeri Jerman, lahirlah dua orang anak kembar. ‘Kembar’ maknanya rupa kedua-dua anak itu sama. Si abang rajin belajar dan berkelakuan baik. Setelah lulus persekolahan rendah, menengah dan atas, ia pergi melanjutkan pelajarannya dalam bidang kehakiman. Beberapa tahun kemudian, ia dilantik sebagai seorang hakim makhamah rendah, dan tidak lama kemudian, naik pangkat lagi untuk menjadi seorang hakim makhamah tinggi.

Si adik pula malas belajar dan tidak berkelakuan baik. Ia tidak lulus persekolahan rendah. Setelah besar, ia bergaul dengan satu kumpulan jahat yang melakukan kegiatan haram. Pada suatu hari, ia mengikut kumpulan jahat untuk pergi merompak sebuah bank. Setelah habis melaksanakan rompakan, mereka pun meninggalkan bank. Semasa hendak keluar, mereka dapati yang mereka sudah pun dikepung oleh sekumpulan anggota polis dan cuba melarikan diri. Ahli=ahli kumpulan itu berjaya melarikan diri tetapi nasib malang menimpa si adik itu. Di dalam cubaannya hendak melarikan diri, ia melepaskan tembakan dan menembak mati salah seorang daripada anggota polis yang menghampirinya.

Akhirnya, si adik itu ditangkap oleh pihak polis dan dihadapkan ke makhamah. Tarikh perbicaraan ditetapkan. Perbicaraan si adik itu dihakimi oleh abangnya sendiri. Pada akhir perbicaraan itu, si abang yang menghakimi kes adiknya menjatuhkan hukuman mati ke atas si adik kerana didapati bersalah. Sesi pengadilan pun berakhir. Si adik dibawa balik ke penjara. Orang ramai pula pulang ke rumah masing-masing. Tetapi si abang yang juga tuan hakim bagi kes perbicaraan adiknya, tidak dapat tidur pada malam itu. Ia sangat sayangkan adiknya. Keesokan harinya, ia pergi melawat adiknya di penjara. Apabila mereka bertemu, si abang mencadangkan agar mereka bertukar tempat. Dia sanggup berbuat demikian kerana kasihnya kepada si adik sehingga rela mati untuk menggantikan tempat adiknya. Itulah yang berlaku pada malam itu. Mereka bertukar pakaian. Si adik memakai pakaian si abang dan sebaliknya. Hal ini berlaku tanpa diketahui oleh sesiapa pun.

Si abang tinggal di penjara. Si adik pula keluar meninggalkan penjara. Bila hari untuk menjalani hukuman sudah tiba, si abang, yang mati menggantikan tempat adiknya. Demikianlah kisah sebuah cerita yang menyayat hati.

Kita kembali kepada persoalan tentang Isa Al-Masih yang mati di atas kayu salib. Apakah kaitannya dengan kita?

Kita sebagai manusia telah berdosa, dosa yang patut dikenakan hukuman mati. Selagi kita berdosa, kita tidak dapat bergaul atau pergi dekat dengan Tuhan, kerana Tuhan itu kudus. Dosa yang telah kita lakukan mesti dihukum kerana Allah itu adil. Oleh kerana kasih-Nya yang berkelimpahan itu, Tuhan tidak sanggup membiarkan kita dihukum, dan dicampak ke dalam neraka selama-lamanya. Oleh itu, Tuhan Sendiri meninggalkan “makhamah penghakiman-Nya” dan turun ke ‘penjara’, iaitu dunia kita. Injil Yohanes bab 3 ayat 16 mengatakan, “Kerana Allah begitu mengasihi manusia di dunia ini sehingga Dia memberikan Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan mendapat hidup sejati dan kekal.”

Isa Al-Masih, “abang” kita itu, dihukum mati atas salib, menggantikan kita, ‘adik-adik’-Nya yang dikasihi. Inji Yohanes seterusnya mengatakan, “Sebab Allah mengirim Anak-Nya bukan untuk menghakimi dunia tetapi untuk menyelamatkannya.”(ayat 17). Sekarang manusia dapat bersukacita dalam hubungan mereka yang baru dengan Allah ,semata-mata kerana apa yang dilakukan oleh Isa Al-Masih bagi kita. Isa telah menyerahkan nyawa-Nya bagi dosa kita, dan dengan demikian menjadikan kita sahabat Allah.

Ada setengah orang tidak percaya yang Isa Al-Masih benar-benar mati akibat penyaliban-Nya di atas kayu salib. Pendapat ini tidak boleh diterima kerana jika Isa Al-Masih tidak mati, kita belum lagi selamat dan tidak mungkin diselamatkan!

Persoalan yang perlu kita tanya apabila memerhatikan peristiwa ini ialah, “Bolehkah satu orang mati menggantikan semua umat manusia?” Jawapannya, “boleh”.

Bacalah penjelasan lengkap akan hal ini yang diberi oleh seorang rasul yang bernama Paul yang dipetik dari Kitab Rom bab 5 :

“Ketika Nabi Adam jatuh ke dalam dosa maka dosa menjangkiti seluruh umat manusia. Dosanya menyebarkan kematian ke seluruh dunia; dan kerana itu, segala sesuatu menjadi tua dan mati, sebab semua telah berdosa. Tetapi Isa Al-Masih membawa pengampunan kepada banyak orang kerana kemurahan Allah. Dosa Nabi Adam yang satu itu mengakibatkan kematian bagi banyak orang, sedangkan Isa dengan cuma-cuma menghapuskan banyak dosa dan memberikan hidup yang penuh dengan kemuliaan.”

Memang dengan dosa satu orang, maut mulai bermaharajalela. Tetapi alangkah lebih manfaatnya hasil perbuatan seorang lagi iaitu Isa Al-Masih! Tiap-tiap orang yang menerima rahmat Tuhan yang berkelimpahan dan pemberian kebenaran-Nya, akan hidup dan memerintah bersama-sama Dia. Inilah sebabnya orang Kristian berani mengatakan bahawa iman Kristian itulah satu-satunya jalan keselamatan dan jalan kepada kehidupan yang kekal di syurga.

Tidak ada jalan lain bagi si abang itu untuk menyelamatkan adiknya. Tuhan juga tidak mempunyai jalan lain. Isa Al-Masih menjadi pengganti kita. Demikian juga tidak ada jalan lain bagi si adik itu untuk diselamatkan kecuali melalui kerelaannya menerima pengorbanan abangnya. Demikian juga kita tidak ada jalan lain untuk selamat kecuali menerima pengorbanan Isa bagi kita.

  • Share/Bookmark

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silahkan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

7 Comments

  1. Astagfirullah, nabi Isa kok kmu agung agungkan layaknya Tuhan…….
    Padahal waktu dia disalib beliau menyebut nama Allah dan pasrah…….harusnya beliau ketawa ketiwi karena dengan cara ini umatnya bebas dari penderitaan…
    Kaisar dan tentara yang menyalib harusnya dipuja puja karena telah menyalibnya……kok malah dihujat……
    n kenapa kok kalian menangis melihat penyaliban, harusnya disorak sorak dan bergembira kalo dosanya terhapus……
    enaknya kalian, bisa berbuat hati menjajah kaum muslimin, karena kalian merasa tidak punya dosa….ampuni manusi manusi ini ya ALLAH SWT….

  2. FAKTA APA INI………
    TUTUP SITUS INI……

    KETIKA YESUS JADI “TUHAN”

    imageKonsili Nicea 325 Masehi Pada abad ini pertikaian paham sangat sengit membakar Gereja. Arius, uskup dari Aleksandria, menolak ketuhanan Yesus yang menimbulkan kemarahan sebagian besar orang-orang Kristen. Akhirnya kaisar Konstantine menyelenggarakan konsili di Nicea tahun 325 Masehi. 1800 orang yang diundang untuk hadir dalam konsili ini terdiri atas, 1000 orang yang berasal dari Gereja Timur dan 800 dari Gereja Barat. 22 orang rombongan Arius yang dipimpin oleh Eusebius of Nicomedia, semuanya diusir dari forum.

    Sehingga secara keseluruhan Konstantine telah mengusir keluar sekitar 1482 uskup dan hanya 318 yang diijinkan mengikuti hingga akhir. ( Dr. Henery Stbble, An Account of the Rise and Progress of Mohametanism, 1954, hal.44-45, Holy Blood Holy Grail hal.692, Arana-”Holocaust Theology” ).

    Dari 318 suara tersebut hanya 2 suara yang mendukung Arius. Konsili pertama yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei sampai 25 Juni diakhiri dengan ketokan palu yang mengesahkan Kredo Misterius, yang juga dikenal sebagai Kredo Nicea. Kredo Nicea yang sekarang bukanlah rumusan yang disepakati pada konsili Nicea dulu, tetapi sudah diperluas dan dimodifikasi. ( Prof. Percy Gardner, English Modernism,-Apendiks I, hal.223 ).

    Yang paling penting dari semuanya, keputusan Konsili Nicea diambil dengan cara pengambilan suara, bahwa Yesus seorang Tuhan bukan sekedar nabi yang bisa wafat. (Holy Blood Holy Grail, hal.472) Konsili Nicea menjatuhkan hukuman pengucilan Arius dan uskup lainnya yang ikut dalam konsili tetapi menolak doktrin Trinitas. Tulisan-tulisan Arius dibakar dan akan memasukkan ke penjara bagi siapa saja yang kedapatan memiliki tulisannya. (Edward Gibbon, Decline and Fall of Roman Empire, vol.2, hal.693).

    Pada konsili tersebut Yesus dinyatakan sebagai, “Tuhan dari segala Tuhan, Cahaya dari segala Cahaya, Maha Tuhan dari segala Maha Tuhan”. (Hasting’s Encyclopedia of Etnics & Religion, vol.4, hal.239).

    Lingkaran terpelajar masih berada di pihak Arius dan mereka telah dikekang dengan tangan besi. Dimasa itu popularitas Arius mencapai puncaknya, yang dibuktikan oleh Santo Jerome sebagai berikut : “Seluruh dunia merasa dan terheran-heran menemukan dirinya sebagai penganut Arius”. (Wilfred W.Briggs, Introduction to the History of the Christian Church, hal.49) Will Durant menulis : “Perdebatan seru tentang doktrin Trinitas yang diperkenalkan oleh Athanasius tidak pernah berakhir dengan adanya konsili Nicea. Beberapa uskup masih berpihak pada Arius.

    Kelompok gereja yang masih loyal kepada Kredo Nicea disingkirkan dari Gereja; kadang kala disingkirkan oleh kekerasan massa; setengah abad Gereja mengikuti ajaran Arius dan meninggalkan ketuhanan Yesus. Setiap uskup memiliki faksi yang mendukungnya. Pertikaian antar faksi pecah menjadi kerusuhan berdarah, dan banyak yang terbunuh. (Will Durant, Age of Faith) Pemandangan kekerasan yang mengerikan dan pertempuran yang menelan ribuan jiwa, merupakan hal yang biasa selama periode ini.

    Aleksandria, daerah tempat tinggal Arius, menjadi ladang pertikaian yang paling ganas. Gibbon mencatat, satu insiden kekerasan menelan korban “tiga ratus lima puluh jiwa”. Mengenai kekejaman Gereja dalam masalah ini bahas lengkap dalam buku Edward Gibbon (pasal 21). Dimasa pemerintahan Konstantin, merupakan periode emas bagi Kristen karena mendapatkan kitab suci Bibel yang standar. Itu pun tidak bisa dikerjakan tanpa kontroversi yang dahsyat melalui konsili-konsili Gereja. Sebagaimana dicatat oleh Marjorie Bowen : “Kitab-kitab injil harus direvisi beberapa kali sebelum diterima, orang-orang yang dianggap sesat harus dihadapi, serta menyelenggarakan konsili di Nicea tahun 325 Masehi dan di Konstantinopel tahun 381 Masehi untuk merumuskan dogma dan keimanan agama Kristen.” (Marjorie Bowen, The Church and Social Progress, hal.4-5) Konsili-konsili Konsili Konstantinopel, Tahun 381.

    Theodosius I menyelenggarakan Konsili Konstantinopel untuk membahas lebih jauh tentang ketuhanan Yesus. Konsili ini berakhir dengan memberi penegasan pada Kredo Nicea. Konsili Efesus, Tahun 431. Konsili ini diselenggarakan untuk membahas pertanyaan apakah Maria (Ibu Yesus) manusia asli atau termasuk Tuhan.

    Pembahasan ini dilatarbelakangi karena sekte Maronite menyembah Maria sebagai “Ibu Tuhan” dan memasukkannya sebagai salah satu oknum trinitas pengganti “roh suci”. Konsili ini mengutuk penyembahan terhadap Maria. Konsili Chalsedon, Tahun 451. Konsili ini membahas tentang teori Dua Kodrat Yesus. Konsili Konstantinopel, Tahun 553. Konsili diselenggrakan untuk memecahkan teka-teki kodrat Yesus tersebut. Konsili ini didominasi oleh uskup-uskup Gereja Timur, Gereja Barat menolak semua keputusan dari konsili ini. Pada abad ini diputuskannya Natal pada 25 Desember oleh Dionysius Exiguus, mengadopsi hari kelahiran anak dewa Matahari yang lahir pada hari Minggu, 25 Desember. Pada akhir abad ke-6 lahirlah Islam.

    Kristen telah menyimpang demikian jauh dari ajaran aslinya (ajaran Yesus) bahkan Gereja Barat lebih banyak mengadopsi agama Pagan. Kristen mengalami kebusukan hingga akarnya. Ketegangan antara Gereja Timur dan Gereja Barat berangsur-angsur melemah. Gereja Timur hanya memiliki sedikit pengikut, sebagai akibat ribuan pemeluk Kristen beralih ke agama Islam. Dan hampir semua wilayah Mediterania berada dibawah pengaruh Islam.

    “Mungkin karena pengaruh secara tidak langsung dari agama baru Islam yang anti-musyrik, pada abad ke-8, tentara kaisar Isauria… menemukan sesuatu yang tidak disukainya pada peribadatan yang sudah lama berlaku dalam dunia Kristen yang berbau politheisme.” (J.M Robertson, A Short History of Freethought, vol.1, hal.277).

    Selanjutnya untuk pertama kali dalam sejarah Kristen pada tahun 723 tradisi Pagan dalam tata cara kebaktian agama Kristen dilarang oleh Kaisar Leo melalui pengumuman, dan ia lebih condong pada ajaran monotheistik Islam. Bagaimanapun, larangan ini dicabut pada tahun 787 oleh Konsili ke-II di Nicea. (The Invacation of Saints and Adoration of Images, oleh Rev. W.P. Hares, hal 10-11).

    Pemilihan Kitab Injil disebarkan dari mulut ke mulut sehingga tradisi oral ini menghasilkan laporan yang berlainan satu dengan lain terhadap perkataan dan perbuatan Yesus. Ketika mereka berusaha mendokumentasikannya maka bertambahlah perbedaan-perbedaan akibat variasi verbal. Sarjana-sarjana Kristen mengakui fakta sejarah bahwa pada terdapat juga sejumlah Injil-injil yang lain, dan masing-masing gereja mempunyai versinya sendiri.

    Sebagian sarjana mempercayai bahwa jumlah Injil-Injil tersebut mencapai 300 Injil (Holy Blood Holy Grail, hal.692). Tapi bagaimana yang yang terpilih hanya 4 saja ? Ke-empat Injil tersebut (Matius, Markus, Lukas & Yohanes) dipilih pada saat Konsili Nicea 325 Masehi. Konsili yang memperkenalkan konsep Trinitas untuk pertama kali. Sehingga pemilihan ke-4 Injil tersebut adalah penyesuaian terhadap Kredo yang dipaksakan. Maka semua Injil yang menceritakan tentang kemanusiaan Yesus harus di hancurkan.

    Teknis pemilihan Injil-Injil tersebut adalah, semua naskah Injil yang berbeda-beda diletakkan dibawah sebuah meja di ruang Konsili. Setiap orang diminta meninggalkan ruangan tersebut dan pintunya dikunci. Semua uskup diminta untuk berdoa sepanjang malam supaya versi Kitab yang benar akan berada di atas meja tersebut. Pada keesokan paginya, ke-4 Injil, Matius, Markus, Lukas dan Yohanes dengan “ajaib”nya telah berada diatas meja dengan rapi, sisanya berserakan dibawah meja. Sehingga diputuskan semua yang terletak dibawah meja haruslah dibakar. (Sex in the Bible, Wahyudi).

  3. @ PELURUS
    mind-set, informasi dan analisis yang selalu bisa dijawab……

  4. shaloom’ bung @ PELURUS kalau anda selalu berkata seperti tsb diatas karena anda selalu menganggap bahwa islam dan muslim adalah kebenaran yang sebenar-benarnya.Akan tetapi apakah anda sebagai pencari kebenaran sudahkah memposisikan dirimu sebagi orang yang netral shg engkau akan dapat melihat kebenaran yang sesungguhnya. 1.APAKAH ISLAM dari Tuhan ? Bagaimana dengan Kabah {yg notabene adalah tempat patung2 berhala}, 2.Hajar aswad yg adalah batu meteorit yang adalah batu suci yang harus dicium saat musim haji padahal itu adalah linggam agama hindu yang mengharuskan menaruh darah haid perempuan jaman dahulu untuk meningkatkan kesuburan wanita. islam mengajarkan semua patung adalah berhala tapi kenapa satu2nya berhala yaitu HAJAR ASWAD disucikan dan harus dihargai dgn dicium disembah sampai berebutan untuk menyentuhnya? 3.mengapa melempar jumroh yang menggunakan batu ke tiang saat musim haji,bilangnya sebagai simbol mengusir setan,tapi ingat setan itu roh dan roh tidak bisa diusir dengan cara melempar batu,memangnya tuhan mengajarkan mengusir setan dgn melempar batu,kalau orang kemasukan setan diusir dgn cara tsb bagaimana? 4.Betulkah Muhammad menerima Wahyu turunnya Alquran di langit ke tujuh,sedangkan isinya banyak mengambil dari keyakinan sebelumnya yg sudah eksis lebih dulu tapi banyak dirubah2 /alquran turunnya dari surga di langit ke tujuh sedangkan isinya campuran dari ajaran Kristen Nestorian,Hindu,animisme …..@{bedanya dengan Kristen Pada umumnya Nestorian tidak mengakui Jesus sebagai Tuhan yang Turun ke dunia sebagai manusia untuk menyelamatkan manusia[Almasih]tapi mengakui Jesus sebagai nabi saja.dan ternyata isi alquran juga penuh dengan penolakan thd keILAHIAN JESUS sebagai Tuhan Yang Telah menjadi manusia …..@Sebelum Muhammad ada pun Ajaran Hindu sudah ada sebelum islam terbukti dengan ditemukannya patung dewa ganesha di babilonia/Irak namun agar menutupi kebohongan bahwa Dari jaman Adam sampai abraham/ibrahim,musa,isa,sampai muhammad adalah orang muslim,maka patung tersebut dihancurkan …..@tolong anda memposisikan diri sebagai orang netral biar Tuhan menyatakan kebenaran kepadamu,tolong anda pelajari ALKITAB dengan sungguh2 maka Tuhan akan membukakan hatimu yang keras.Tolong baca buku”JESUS AND MUHAMMAD Karangan Mark Gabriel seorang doktor Univ AL Azhar Kairo Mesir yang mempelajari Islam &Alquran sejak balita namun menemukan kebohongan besar bahwa Semua itu berasal dari allah SWT sehingga dia murtad dan menerima JESUS sebagai Tuhan Dan JUru selamat …..@saya menantang anda untuk mencari wajah Tuhan yang sebenarnya dengan merendahkan dirimu shg semua itu akan dibukakan bagiimu,anda punya otak pakai otak tersebut untuk berpikir ,bertanya dan melakukan research serta berseru kpd Tuhan seperti apakah kebenaran yang sebenarnya.ingat agama apapun tidak dapat memberikan keselamatan kepada manusia apakah islam,kristen,dll.Tapi hanya Tuhan dalam Pribadi Jesus Kristus yang adalh satu2 jalan ke surga .P. Lama: Yesaya: 65
    65:1. Aku telah berkenan memberi petunjuk kepada orang yang tidak menanyakan Aku; Aku telah berkenan ditemukan oleh orang yang tidak mencari Aku. Aku telah berkata: “Ini Aku, ini Aku!” kepada bangsa yang tidak memanggil nama-Ku .P. Baru: Kisah Para Rasul: 4
    4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain[JESUS] yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”

    P. Baru: Yohanes: 14
    14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. INILAH Yang terjadi dengan: 1.MOSSAB HASSAN YOUSEF[anak pemimpin garis keras Hamas. 2.WALID SOEBAT {TERORIS PLO yang menemukan kebenaran dalam JESUS sbg Tuhan dan Juru selamat
    3.mark gabriel [doktor univ AL AZHAR CAIRO MESIR,YANG MURTAD] 4.MUHAMMAD ALI MAKRUS[ pimpinan FRONT PEMBELA ISLAM CABANG JAWA TIMUR] 5.HAMRAN AMBRIE[ PIMPINAN MUHAMMADIYAH wilayah KALSEL] 6.YUSUF RONI -Pimpinan Lembaga Dahwah Islamiyah Indonesia-LDII 7.Taysir Abu Saada -teroris Fatah masuk Kristen. 8.El-Akkad – Bekas Imam Islam, Mesir murtad 9. Ibrahim Abdullah – Bekas Teroris PLO
    10. Mullah Assad Ullah – Former mullah, Afganistan .dan ribuan lagi yang tidak dapat saya sebutkan semua,kalu anda ingin tahu lebih banyak cari di internet.Mereka tidak seperti yang islam ajarkan karena disogok indomie,harta dllmalah sebaliknya orang yg ktpnya kristen tapi belum mengalami Jesus dlam hidupnya yang gampang masuk islam demi harta,tahta,wanita,jadi klaim anda orang murtad masuk kristen itu bukan karena indomie tapi karena berjumpa TUHAN JESUS secara langsung.bahkan kalu islam menjatuhkan vonis hukuman mati bagi murtadin,atau jihad membunuh orang2 tsb tdk membuat orang2 tsb balik ke islam,karena Tuhan berkata: P. Baru: Yohanes: 16
    16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 5.Bedanya Islam dan Kristen adalah kalau Kristen dikembangkan dgn jalan damai yaitu dari dalam ke luar[dari hati yang suci untuk menjadi rahmatan lil alamin/rahmat bagi semesta alam atau dgn kata lain berdasarkan kasih agape-kasih yang tanpa batas dan tanpa menuntut upah walaupun orang2 lain melakukan hal2 yang jahat]sedangkan islam dikembangkan dengan peperangan,pembunuhan ,pemaksaan,pemerkosaan,dan darah ratusan juta orang yang menjadi tumbal. kalau anda mengatakan orang kristen menjadi penjajah orang iaslm di seluruh dunia anda salah.pelajari sejarah bagaimana ajaran kristiani disebarkan ke seluruh penjuru dunia bandingkan dgn islam.lihat apa keyakinan orang2 arab dahulu sebelum iaslam ada,lihat sejarah turki yang adalah negara BYNZAMTIUM dgn IBUKOTA CONSTANTINOPEL Saat direbut islam menjadi ISTAMBUL/TURKI :lhat pembantaian orang2 ASSYIRIA,ARMENIA di TIM-TENG DAN turki,PEMBANTAIAN Jasirah INDIAyang dipaksa memeluk islam ,dibantai sehingga pecah seperti sekarang menjadi seperti PAKISTAN,BANGLADESH,INDIA.Dan yang tidak kalah pentingnya adalah TERORISME yang sekarang sedang mengglobal apakah itu bukan menunjukan kekejaman islam dan ajarannya.JANGAN BERKELIT dgn menyatakan bahwa pembunuhan,teroris,jihad dan kekejaman lainnya bukan dari islam sebab semuanya itu diwajibkan dan diajarkan serta harus dilakukan oleh seluruh muslim . Kalau anda mengatakan Kristen penjajah apakah tidak terbalik,bilangyan darah kafir haram ,tapi berjuta2 orang islam TIMUR TENGAH berduyun2 cari makan dan kebebasan di negara kafir{AS,AUSTRALIA,EROPA} yang lebih menghargai hak asasi manusia ketimbang di negara islam yg mengekang kebebasan? Kalau ingin membandingkan siapa yang jahat dan siapa yang baik jangan pelajari dari tindakan dan kelakuan orang Kristen sepert penjajah sama dengan Yahudi,AMERIKA,EROPA,KAFIRUN JAHANAM tapi dari KITAB SUCINYAS DONG/ALKITAB baru anda tahu seperti apa ajaran KASIH/LOVE/PERIKEMANUSIAAN. Demikian juga kalau dikatakan TERORIS,JIHAD,MEMBUNUH,PENGGAL TANGAN,KAKI DLL KEKEJAMAN LAINNYA bukan ajaran ISLAM salah besar karena ALQURAN yang katanya kitab suci dari Tuhan Yang Suci dan kudus malah mengajarkan dan mengharuskan dan malah orang tsb diberi hadiah surga bila melakukan kekejian tsb.Jadi kita dapat melihat manakah yang dimaksud dengan”RAHMATAN LIL ALAMIN” menjadi berkah bagi semesta alam dengan ajaran KASIH AGAPE atau dengan membunuh manusia lain yang adalah ciptaan Tuhan dengan cara BOM BUNUH DIRI,JIHAD,DLL P. Baru: Yohanes: 16
    16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.
    Benrkah TUHAN YANG menciptakan alam semesta butuh manusia untuk menegakan agama tuhan dan menjadi pembela bagi TUHAN. .LIHAT AYAT ALKITAB BERIKUT INI BARU ANDA TAHU AJARAN YANG DARI SURGA:

    P. Baru: Matius: 22
    22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
    22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
    22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI

    P. Baru: Matius: 5
    5:38. Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
    5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
    5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
    5:41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
    5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

    5:43. Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
    5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: KASIHILAH MUSUHMU DAN BERDOALAH BAGI MEREKA YANG MENGANIYAYA KAMU
    5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
    5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
    5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?
    5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Pertanyaan saya 1. bilamana saudara@ pelurus mengatkan KRISTEN INDENTIK KAFIR,PENJAJAH APAKH SESUAI DENGAN DOGMA AJARAN KASIH yang merupakan esensi KEKRISTENAN.? bukankah ini lebih tepat ditujukan ke islam yg dalam sejarah membantai ratusan juta jiwa dlm menyebarkan agama secara paksa keseluruh dunia.{sejarah dunia saja mencatat hal ]tersebut] 2 .ANDA menyatakan alkitab dirubah sedangkan anda sudahkah membaca,mempelajari ALKITAB secara sunguh2.dan dapatkah anda membuktikan bahwa ALKITAB sudah dipalsukan dengan menunjukan bukti-bukti kitab yang asli. -Alkitab ditulis oleh : …..#Sekitar 50 orang;#di 3 benua-asia,eropa,afrika.#oleh berbagai macam profesi spt nelayan[petrus],dokter
    [lukas],ahli hukum, pemungut cukai,tukang kayu,dll,#diilhami oleh ROH KUDUS.#dan bilamana saudara membacanya ALKITAB membentuk garis lurus dari KEJADIAN-MALEACHI
    [PERSIAPAN KEDATANGAN JURU SELAMAT] DAN MATIUS -WAHYU [JURU SELAMAT YANG SUDAH DATANG SEBAGAI MANUSIA UNTUK MENYELAMATKAN MANUSIA],#ALKITAB DITELITI OLEH AHLI SEJARAH ATHEIS MAUPUN KRISTEN DAPAT DIBUKTIKAN DAN SANGAT SISTEMATIS DAN BERURUTAN .BANDINGKAN DENGAN KITAB ANDA SENDIRI —-diturunkan oleh Tuhan kepada muhammad dimasukan ke dada nabi,di langit ke tujuh namun isinya:perkosa,bunuh,bantai,cincang,paksa terima agama tuhan,jihad teroris dan semua kekejiaian lainnya dan isinya sangat tidak sesuai sejarah dunia dan selalu dipelintir dan diputar balikan dan isinya saling tumpang tindih dan tidak beraturan sesuai sejarah 3 .Kalau acuan anda INJIL BARNABAS peneliti sejarahpun menyatakan injil tersebut ditinjau dari:Bahasa,Gaya penulisan Tinta yang dipakai,huruf Dan Ungkapan yang digunakan sangat bertentangan dgn ALKITAB yang dikumpulkan awal Masehi.dapat disimpulkan oleh ahli ahli sejarah baik kristen dan yang atheis INJIL BARNABAS DIBUAT pad abad pertengahan melalui seorang biarawan yg masuk islam dan dokumen tersebut disusupkan ke perpustakaan gereja katolik roma.
    4.Anda tidak percaya JESUS KRISTUS adalah Tuhan dan telah turun sebagai manusia ke dunia tapi kelahiran setiap manusia di seludruh dunia termasuk anda tidak menurut penanggalan islam,tapi penanggalan Masehi yang dibuat berdasarkan kelahiran JESUS jadi dgn kata laian anda dilahirkan ke dunia dan diCAP/DIMETERAI OLEH DARAH JESUS TAPI ANDA MENOLAK DAN MENGHUJAT. shaloom’ bung @ PELURUS kalau anda selalu berkata seperti tsb diatas karena anda selalu menganggap bahwa islam dan muslim adalah kebenaran yang sebenar-benarnya.Akan tetapi apakah anda sebagai pencari kebenaran sudahkah memposisikan dirimu sebagi orang yang netral shg engkau akan dapat melihat kebenaran yang sesungguhnya. 1.APAKAH ISLAM dari Tuhan ? Bagaimana dengan Kabah {yg notabene adalah tempat patung2 berhala}, 2.Hajar aswad yg adalah batu meteorit yang adalah batu suci yang harus dicium saat musim haji padahal itu adalah linggam agama hindu yang mengharuskan menaruh darah haid perempuan jaman dahulu untuk meningkatkan kesuburan wanita. islam mengajarkan semua patung adalah berhala tapi kenapa satu2nya berhala yaitu HAJAR ASWAD disucikan dan harus dihargai dgn dicium disembah sampai berebutan untuk menyentuhnya? 3.mengapa melempar jumroh yang menggunakan batu ke tiang saat musim haji,bilangnya sebagai simbol mengusir setan,tapi ingat setan itu roh dan roh tidak bisa diusir dengan cara melempar batu,memangnya tuhan mengajarkan mengusir setan dgn melempar batu,kalau orang kemasukan setan diusir dgn cara tsb bagaimana? 4.Betulkah Muhammad menerima Wahyu turunnya Alquran di langit ke tujuh,sedangkan isinya banyak mengambil dari keyakinan sebelumnya yg sudah eksis lebih dulu tapi banyak dirubah2 /alquran turunnya dari surga di langit ke tujuh sedangkan isinya campuran dari ajaran Kristen Nestorian,Hindu,animisme …..@{bedanya dengan Kristen Pada umumnya Nestorian tidak mengakui Jesus sebagai Tuhan yang Turun ke dunia sebagai manusia untuk menyelamatkan manusia[Almasih]tapi mengakui Jesus sebagai nabi saja.dan ternyata isi alquran juga penuh dengan penolakan thd keILAHIAN JESUS sebagai Tuhan Yang Telah menjadi manusia …..@Sebelum Muhammad ada pun Ajaran Hindu sudah ada sebelum islam terbukti dengan ditemukannya patung dewa ganesha di babilonia/Irak namun agar menutupi kebohongan bahwa Dari jaman Adam sampai abraham/ibrahim,musa,isa,sampai muhammad adalah orang muslim,maka patung tersebut dihancurkan …..@tolong anda memposisikan diri sebagai orang netral biar Tuhan menyatakan kebenaran kepadamu,tolong anda pelajari ALKITAB dengan sungguh2 maka Tuhan akan membukakan hatimu yang keras.Tolong baca buku”JESUS AND MUHAMMAD Karangan Mark Gabriel seorang doktor Univ AL Azhar Kairo Mesir yang mempelajari Islam &Alquran sejak balita namun menemukan kebohongan besar bahwa Semua itu berasal dari allah SWT sehingga dia murtad dan menerima JESUS sebagai Tuhan Dan JUru selamat …..@saya menantang anda untuk mencari wajah Tuhan yang sebenarnya dengan merendahkan dirimu shg semua itu akan dibukakan bagiimu,anda punya otak pakai otak tersebut untuk berpikir ,bertanya dan melakukan research serta berseru kpd Tuhan seperti apakah kebenaran yang sebenarnya.ingat agama apapun tidak dapat memberikan keselamatan kepada manusia apakah islam,kristen,dll.Tapi hanya Tuhan dalam Pribadi Jesus Kristus yang adalh satu2 jalan ke surga .P. Lama: Yesaya: 65
    65:1. Aku telah berkenan memberi petunjuk kepada orang yang tidak menanyakan Aku; Aku telah berkenan ditemukan oleh orang yang tidak mencari Aku. Aku telah berkata: “Ini Aku, ini Aku!” kepada bangsa yang tidak memanggil nama-Ku .P. Baru: Kisah Para Rasul: 4
    4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain[JESUS] yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.”

    P. Baru: Yohanes: 14
    14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. INILAH Yang terjadi dengan: 1.MOSSAB HASSAN YOUSEF[anak pemimpin garis keras Hamas. 2.WALID SOEBAT {TERORIS PLO yang menemukan kebenaran dalam JESUS sbg Tuhan dan Juru selamat
    3.mark gabriel [doktor univ AL AZHAR CAIRO MESIR,YANG MURTAD] 4.MUHAMMAD ALI MAKRUS[ pimpinan FRONT PEMBELA ISLAM CABANG JAWA TIMUR] 5.HAMRAN AMBRIE[ PIMPINAN MUHAMMADIYAH wilayah KALSEL] 6.YUSUF RONI -Pimpinan Lembaga Dahwah Islamiyah Indonesia-LDII 7.Taysir Abu Saada -teroris Fatah masuk Kristen. 8.El-Akkad – Bekas Imam Islam, Mesir murtad 9. Ibrahim Abdullah – Bekas Teroris PLO
    10. Mullah Assad Ullah – Former mullah, Afganistan .dan ribuan lagi yang tidak dapat saya sebutkan semua,kalu anda ingin tahu lebih banyak cari di internet.Mereka tidak seperti yang islam ajarkan karena disogok indomie,harta dllmalah sebaliknya orang yg ktpnya kristen tapi belum mengalami Jesus dlam hidupnya yang gampang masuk islam demi harta,tahta,wanita,jadi klaim anda orang murtad masuk kristen itu bukan karena indomie tapi karena berjumpa TUHAN JESUS secara langsung.bahkan kalu islam menjatuhkan vonis hukuman mati bagi murtadin,atau jihad membunuh orang2 tsb tdk membuat orang2 tsb balik ke islam,karena Tuhan berkata: P. Baru: Yohanes: 16
    16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 5.Bedanya Islam dan Kristen adalah kalau Kristen dikembangkan dgn jalan damai yaitu dari dalam ke luar[dari hati yang suci untuk menjadi rahmatan lil alamin/rahmat bagi semesta alam atau dgn kata lain berdasarkan kasih agape-kasih yang tanpa batas dan tanpa menuntut upah walaupun orang2 lain melakukan hal2 yang jahat]sedangkan islam dikembangkan dengan peperangan,pembunuhan ,pemaksaan,pemerkosaan,dan darah ratusan juta orang yang menjadi tumbal. kalau anda mengatakan orang kristen menjadi penjajah orang iaslm di seluruh dunia anda salah.pelajari sejarah bagaimana ajaran kristiani disebarkan ke seluruh penjuru dunia bandingkan dgn islam.lihat apa keyakinan orang2 arab dahulu sebelum iaslam ada,lihat sejarah turki yang adalah negara BYNZAMTIUM dgn IBUKOTA CONSTANTINOPEL Saat direbut islam menjadi ISTAMBUL/TURKI :lhat pembantaian orang2 ASSYIRIA,ARMENIA di TIM-TENG DAN turki,PEMBANTAIAN Jasirah INDIAyang dipaksa memeluk islam ,dibantai sehingga pecah seperti sekarang menjadi seperti PAKISTAN,BANGLADESH,INDIA.Dan yang tidak kalah pentingnya adalah TERORISME yang sekarang sedang mengglobal apakah itu bukan menunjukan kekejaman islam dan ajarannya.JANGAN BERKELIT dgn menyatakan bahwa pembunuhan,teroris,jihad dan kekejaman lainnya bukan dari islam sebab semuanya itu diwajibkan dan diajarkan serta harus dilakukan oleh seluruh muslim . Kalau anda mengatakan Kristen penjajah apakah tidak terbalik,bilangyan darah kafir haram ,tapi berjuta2 orang islam TIMUR TENGAH berduyun2 cari makan dan kebebasan di negara kafir{AS,AUSTRALIA,EROPA} yang lebih menghargai hak asasi manusia ketimbang di negara islam yg mengekang kebebasan? Kalau ingin membandingkan siapa yang jahat dan siapa yang baik jangan pelajari dari tindakan dan kelakuan orang Kristen sepert penjajah sama dengan Yahudi,AMERIKA,EROPA,KAFIRUN JAHANAM tapi dari KITAB SUCINYAS DONG/ALKITAB baru anda tahu seperti apa ajaran KASIH/LOVE/PERIKEMANUSIAAN. Demikian juga kalau dikatakan TERORIS,JIHAD,MEMBUNUH,PENGGAL TANGAN,KAKI DLL KEKEJAMAN LAINNYA bukan ajaran ISLAM salah besar karena ALQURAN yang katanya kitab suci dari Tuhan Yang Suci dan kudus malah mengajarkan dan mengharuskan dan malah orang tsb diberi hadiah surga bila melakukan kekejian tsb.Jadi kita dapat melihat manakah yang dimaksud dengan”RAHMATAN LIL ALAMIN” menjadi berkah bagi semesta alam dengan ajaran KASIH AGAPE atau dengan membunuh manusia lain yang adalah ciptaan Tuhan dengan cara BOM BUNUH DIRI,JIHAD,DLL P. Baru: Yohanes: 16
    16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.
    Benrkah TUHAN YANG menciptakan alam semesta butuh manusia untuk menegakan agama tuhan dan menjadi pembela bagi TUHAN. .LIHAT AYAT ALKITAB BERIKUT INI BARU ANDA TAHU AJARAN YANG DARI SURGA:

    P. Baru: Matius: 22
    22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
    22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
    22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI

    P. Baru: Matius: 5
    5:38. Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
    5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
    5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
    5:41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
    5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

    5:43. Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
    5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: KASIHILAH MUSUHMU DAN BERDOALAH BAGI MEREKA YANG MENGANIYAYA KAMU
    5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
    5:46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
    5:47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?
    5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.” Pertanyaan saya 1. bilamana saudara@ pelurus mengatkan KRISTEN INDENTIK KAFIR,PENJAJAH APAKH SESUAI DENGAN DOGMA AJARAN KASIH yang merupakan esensi KEKRISTENAN.? bukankah ini lebih tepat ditujukan ke islam yg dalam sejarah membantai ratusan juta jiwa dlm menyebarkan agama secara paksa keseluruh dunia.{sejarah dunia saja mencatat hal ]tersebut] 2 .ANDA menyatakan alkitab dirubah sedangkan anda sudahkah membaca,mempelajari ALKITAB secara sunguh2.dan dapatkah anda membuktikan bahwa ALKITAB sudah dipalsukan dengan menunjukan bukti-bukti kitab yang asli. -Alkitab ditulis oleh : …..#Sekitar 50 orang;#di 3 benua-asia,eropa,afrika.#oleh berbagai macam profesi spt nelayan[petrus],dokter
    [lukas],ahli hukum, pemungut cukai,tukang kayu,dll,#diilhami oleh ROH KUDUS.#dan bilamana saudara membacanya ALKITAB membentuk garis lurus dari KEJADIAN-MALEACHI
    [PERSIAPAN KEDATANGAN JURU SELAMAT] DAN MATIUS -WAHYU [JURU SELAMAT YANG SUDAH DATANG SEBAGAI MANUSIA UNTUK MENYELAMATKAN MANUSIA],#ALKITAB DITELITI OLEH AHLI SEJARAH ATHEIS MAUPUN KRISTEN DAPAT DIBUKTIKAN DAN SANGAT SISTEMATIS DAN BERURUTAN .BANDINGKAN DENGAN KITAB ANDA SENDIRI —-diturunkan oleh Tuhan kepada muhammad dimasukan ke dada nabi,di langit ke tujuh namun isinya:perkosa,bunuh,bantai,cincang,paksa terima agama tuhan,jihad teroris dan semua kekejiaian lainnya dan isinya sangat tidak sesuai sejarah dunia dan selalu dipelintir dan diputar balikan dan isinya saling tumpang tindih dan tidak beraturan sesuai sejarah 3 .Kalau acuan anda INJIL BARNABAS peneliti sejarahpun menyatakan injil tersebut ditinjau dari:Bahasa,Gaya penulisan Tinta yang dipakai,huruf Dan Ungkapan yang digunakan sangat bertentangan dgn ALKITAB yang dikumpulkan awal Masehi.dapat disimpulkan oleh ahli ahli sejarah baik kristen dan yang atheis INJIL BARNABAS DIBUAT pad abad pertengahan melalui seorang biarawan yg masuk islam dan dokumen tersebut disusupkan ke perpustakaan gereja katolik roma.
    4.Anda tidak percaya JESUS KRISTUS adalah Tuhan dan telah turun sebagai manusia ke dunia tapi kelahiran setiap manusia di seludruh dunia termasuk anda tidak menurut penanggalan islam,tapi penanggalan Masehi yang dibuat berdasarkan kelahiran JESUS jadi dgn kata laian anda dilahirkan ke dunia dan diCAP/DIMETERAI OLEH DARAH JESUS TAPI ANDA MENOLAK DAN MENGHUJAT

  5. Smua y brdasarkan akal pikiran kita tak bisa menjawab sgalay. Tuhan itu tak bisa kita lihat kita lah umat yang telah Dia ciptakan. Jadi smua pikiran kita telah diketahuinya. Rasakanlah betapa bahagianya kita manusia yang telah di ciptakanya dalam TAMAN EDEN yang tiada kekurangan satu apapun tapi . karena pikiran kita yang di goda oleh si ular mahluk yang cerdik akalnya hidup kita menjadi berdosa dan di buang ke bumi untuk hidup bersusah payah. apapun yang kita percayai itu bisa kita imani sepenuh hati. janganlah berdasarkan segala pikiran yang menyesatkan. Hidup berdamai lah kita agar kerajaan surga yang kita nantikan bisa terwujud dan hidup kekal abadi selama-lamanya. Tuhan mengasihi kamu sekarang sampai maranatha. Amin
    GBU 4ever

  6. @ pelurus:
    Astagfirullah, nabi Isa kok kmu agung agungkan layaknya Tuhan…….
    Padahal waktu dia disalib beliau menyebut nama Allah dan pasrah…….

    comment:

    sewaktu Yesus menyebut nama Allah, (Ya, AllahKu, mengapa

    Engkau meninggalkanKu), itu adalah ungkapan Yesus pd

    Allah (Bapa)yg meninggalkanNya. Allah( Bapa )

    meninggalkanNya saat itu karena di atas kayu salib sedang

    “DICURAHKAN SELURUH DOSA” manusia pd Yesus. Allah (Bapa)

    tidak dapat kompromi dan bersatu dg dosa yg sedang berada

    dalam diri Yesus karena Allah itu Kudus. Dan di saat yg

    sama Yesus menanggung akibat dari “Allah meninggalkan

    manusia” sehingga dalam kemanusiaanNya, tanggungan itu

    sangat berat sampai Dia mengeluh spt yg anda maksud…

    supaya pada akhirnya, manusia yg dikasihi Allah

    tidak lagi mengalami yg namanya ” Allah meninggalkan

    manusia karena dosa” karena hukuman itu (yaitu :

    ditinggalkan Allah) sudah diselesaikan Yesus di atas

    salib, dan hasil

    akhirnya digantikan dengan “Allah menyertai kita”. Inilah

    alasan mengapa Yesus diberi nama saat Dia lahir

    “Emmanuel” yg artinya Allah menyertai kita.

    statement anda:
    harusnya beliau ketawa ketiwi karena dengan cara ini umatnya bebas dari penderitaan…

    comment:

    Yesus menjalani penyalibanNya justru karena kasih.

    Yesus bukan hanya tertawa utk menyelamatkan manusia,

    justru ini adalah inisiatifNya sendiri.Dia senang dapat

    datang ke tengah2 manusia. HANYA SAJA, dalam prosesnya,

    yg namanya disalib dan menanggung dosa seluruh umat

    manusia itu bukan hal yg gampang… sangat berat sampai2

    Dia mengeluh. jadi, pada detik2 penyaliban, yg sedang

    terjadi adalah DIA menanggung hukuman. Sukacita dan

    tertawa

    spt yg anda maksud, itu datangnya setelah semua

    tanggungan itu “diselesaikan” yaitu setelah

    kebangkitanNya. yg kemudian sukacita itu diberikanNya

    kepada murid2Nya utk diberitakan (Lukas 24:44-48).

    statement anda:

    Kaisar dan tentara yang menyalib harusnya dipuja puja
    karena telah menyalibnya……kok malah dihujat……
    n kenapa kok kalian menangis melihat penyaliban, harusnya disorak sorak dan bergembira kalo dosanya terhapus……

    comment:

    kaisar dan prajurit tidak dipuja karena saat itu murid2

    yesus belum mengerti bhw lewat kematianNya itu

    terjadi penebusan dosa. berkali2 yesus membuka hal ini

    bhw Dia akan ditangkap dan disesah, ttp mereka masih

    tidak mengerti jg… sehingga

    menyebabkan mereka justru menangisi kematianNya dan

    menghalang2i penangkapan Yesus bahkan menyerang prajurit

    penangkap Yesus.. salah

    satunya adalah ketika petrus mengklaim bhw yesus tidak

    akan dibiarkannya tertangkap dan mati di tangan org

    yahudi dan tentara romawi. baru setelah kebangkitanNya,

    mereka semua “melek” dan mengerti apa yg sebelumnya

    diajarkan yesus berkali2 bhw Ia akan ditangkap dan

    dibunuh dan bangkit pd hari yg ketiga. sejak saat itulah

    justru mereka bersukacita krn mereka akhirnya mengerti

    makna kematian Yesus.

    statement anda:
    enaknya kalian, bisa berbuat hati menjajah kaum muslimin, karena kalian merasa tidak punya dosa….ampuni manusi manusi ini ya ALLAH SWT…

    comment:

    kalo soal menjajah, hanya Tuhan yg dapat menghakimi hal

    itu. kalo memang salah, Tuhan yg menjadi hakim bagi

    mereka… bangsa manapun akan dihakimi dengan adil oleh

    Tuhan. btw, lewat penjajahan dr bgs2 Eropa pemberitaan

    ttg Yesus Kristus bs terdengar utk smua bangsa..

    termasuk

    Indonesia bs mendengar kabar injil… jadi dalam hal ini

    Tuhan adalah hakim yg adil.

  7. @pelurus

    pd uraian di atas, ada istilah2 Allah tritunggal utk

    melengkapi tanggapan secara lengkap. kalo bingung, silahkan

    lihat comment sy ttg Allah tritunggal di artikel lain pd

    blog ini dg judul : Isa Al-Masih itu ilahi?

Leave a Response

You must be logged in to post a comment.