Kembalinya Almasih Isa di Akhir Zaman (1)

kiamat-1

KEMBALINYA AL-MASIH ‘ISA DI AKHIR ZAMAN

PRAKATA

BAB 1: TENTANG AKHIR ZAMAN DALAM HADIS

Diambilnya Kembali Al-Qur’an

Islam Menjadi Tamu Asing Di Negeri Sendiri

Cobaan Yang Terakhir Dan Sangat Berat

Yang Muncul Di Hari Kiamat

Setelah Hari Kiamat

BAB 2: PEKERJAAN ISA MEMPERBAIKI KEADAAN DUNIA

Yang Pertama Yang Harus Diwaspadai: Al Masih Yang Mana?

Yang Memiliki Doa-doa Yang Hidup Dan Kekal

Orang Yang Meningkatkan Kesolehan Umat

Hubungan Manusia Dengan Khaliknya: Kenikmatan Awal Yang Syurgawi

Hubungan Antara Manusia: Pedang Yang Tumpul

Hubungan Manusia Dengan Alam

Kesimpulan

BAB 3: SEGI PENGHANCURAN DARI PEKERJAAN ISA AL MASIH

Watak si Dajjal

Ancamannya Bagi Yang Beriman

Kekuasaan ‘Ilahi’-nya

Pengakuannya Sebagai Hakim Dunia

Peniruannya Pada Al Masih Yang Sejati

Munculnya Kembali Isa Al Masih

Pertempuran Terhebat

Manusia Bagi Seluruh Dunia

Isa Yang Mudah Disentuh

Dengan Menyentuhnya Didatangkan Penjunjungan

Muka Orang Banyak Disekakan

Derajat Mereka Diwujudkan

Bersamanya

Orang Yang Dua Kali Datang

BAB 4: YANG TANPA BANDINGNYA

Yang Di Hadapan Siapa Mesjid Akan Menengadah

Penguasa Umatnya Nabi Muhammad, saw.

Satu Teriakan Saja

Pekerjaan Isa Yang Paripurna

Seorang Milik Semua Bangsa


PRAKATA

Dari Zaman ke Zaman, tidak ada orang yang menerima reaksi begitu banyak dan bermacam-macam seperti halnya Isa Al Masih, apakah itu berupa pujian atau hinaan yang diarahkan kepadanya. Reaksi atau respon berasal dari berbagai kalangan seperti ahlipikir dan orang kebanyakan, yang beragama dan yang tidak beragama, bukan saja dari para pengikutnya tetapi juga dari berbagai macam aliran agama. Bagaimanapun pengabdian mereka dengan berbagai tingkatannya, tetapi reaksinya banyak sekali.

Bagi orang Tasawuf(Sufi), Isa Al Masih dianggap sebagai nabi yang berperingkat besar dari nabi-nabi lainnya. ‘Tidak ada nabi sebelumnya yang mendapat predikat mulia dengan nilai-nilai kesempurnaan yang tiada taranya.’ Lagipula, ‘Isa Al Masih merupakan teladan kesempurnaan manusia dan teladan yang luar biasa dari seorang master/guru yang sugguh-sungguh benar.’

Bagi orang Tasawuf, Isa Al Masih dijadikan model dan teladan kesucian yang paling murni. Untuk menjadi benar-benar suci bersih ‘seperti Isa Al Masih’ bukan apa saja selain ciptaan Allah yang bisa mengundang jeritan hati para pemujanya. Kesuciannya hanya bisa didapat karena pertolongan, ridho dan kurnia Allah. Orang Sufi selalu menginginkan kesucian seperti kesucian Isa Al Masih, baru mereka merasa puas. Hal ini tersirat dalam puisi penyair ’Attar.

Ya Allah, bersihkanlah aku dari jiwa yang kotor ini,

Sehingga aku sendiri bisa suci abadi seperti Isa Al Masih.

Nama Isa Al Masih diartikan kembali dalam terminologi orang Sufi sebagai ‘cinta kasih.’

Sementara itu suatu hal yang benar-benar jelas, Isa Al Masih sendiri telah mendapatkan tempat di hati dan pikiran Nabi Muhammad, saw. Mengenai kedatangannya kembali Isa Al Masih ke dunia di akhir Zaman yang merupakan pokok pembicaraan di Zaman nya Nabi Muhammad, saw., (seperti halnya sekarang ini) kita menemukan bahwa Nabi Muhammad saw., sangat rindu untuk bertemu Isa Al Masih, sebagaimana Hadis menyatakan:

Harapanku bila diberikan panjang usia adalah ingin bertemu Isa Al Masih, tetapi bila kematian cepat menjemputku, tolong kepada orang yang bisa bertemu dengannya menyampaikan salamku.

Nabi Muhammad, saw., bukan saja rindu bertemu Isa Al Masih, akan tetapi ia melihat bahwa persaudaraanya dengan Isa Al Masih harus mendapat tempat yang utama. Meskipun semua nabi-nabi bersaudara, Nabi Muhammad, saw., memilih Isa Al Masih sebagai saudara terdekat. Isa Al Masih merupakan nabi yang mendapatkan tempat yang sangat baik dalam hati dan pikiran Nabi Muhammad, saw. Baginya, persaudaraan dengan Isa Al Masih adalah merupakan keutamaan. Dalam Hadis ditulis:

Nabi-nabi sama satu saudara meskipun dari ibu yang berbeda dan agama mereka hanyalah satu. Dari semua umat akulah yang paling dekat dan pantas menjadi saudara dari Isa Al Masih, anaknya Maryam, karena tidak ada nabi di antara aku dan dia.

Dalam karangan berseri ini, para Sufi memandang Isa Al Masih sebagai suri-teladan dalam hal kesucian dan cinta kasih. Dan yang sangat dirindukan Nabi Muhammad, saw., adalah persaudaraannya yang perlu diutamakan.

Dalam seri ini juga kita akan menggali cerminan Isa Al Masih dari sudut pandang Hadis dan komentar Al-Qur’an serta tulisan-tulisan kaum Sufi.

BAGIAN 1: KEDATANGAN KEMBALI ISA AL MASIH

–>

Hari Kiamat atau akhir Zaman telah menjadi pemikiran banyak orang. Banyak sekali karya tulis yang tak terhitung jumlahnya secara bebas mengungkapkan skenario hari-hari terakhir tersebut. Terlepas dari percaya tidaknya akan kejadian yang akan menimpa umat manusia tersebut yang jelas sering dibicarakan orang di abad ini, juga sangat menarik sekali untuk diungkapkan pokok pembicaraan dan pemikiran di abad ke-enam. Bukti-bukti atas perhatian yang menarik itu ditemukan dalam Hadis Nabi Muhammad, saw.

Dalam Hadis ditemukan dua watak kepribadian yang cukup menonjol, yakni yang pertama si Dajjal yang dimanifestasikan sebagai Al Masih yang Palsu, seorang impostor atau figur yang memutarbalikkan kebenaran yang hak dari Allah, sehingga sangat dimusuhi Allah. Sedangkan, yang kedua adalah Isa, Al Masih yang sejati, sebagai firman Allah dan Rohul Kudus yang merupakan kebenaran sangat nyata atau berarti. Kendatipun, Hadis menyebutkan sejumlah tanda-tanda dan keadaan Zaman menjelang Hari Kiamat yang begitu hebat itu, kitab suci Al-Qur’an menyatakan dengan jelas bahwa Isa Al Masih adalah ‘pengetahuan tentang terjadinya Kiamat’ atau kedatangannya kembali sebagai tanda utama tentang waktu Hari Kiamat.

Sesungguhnya, ia [Isa] benar-benar memberikan pengetahuan kepadamu tentang terjadinya Kiamat.

Mufassirin yang lain menggambarkan kedatangannya kembali Isa Al Masih ke dunia merupakan tanda dan keadaan Zaman menjelang Kiamat; misalkan, Jalalayn menyebut ‘Ia memberikan pengetahuan kepadamu tentang terjadinya Kiamat. Kiamat ini dikenal lewat kedatangannya kembali.’ Zamakhshary dan Baidawi mengatakan, ‘Ia adalah tanda atau petunjuk terjadinya Kiamat, yakni, ia adalah penyebab atau syarat terjadinya itu.’

Dalam bagian pertama ini, dititikberatkan pada peran Isa Al Masih sebelum Hari Kiamat, kita akan banyak menyimak kembali keadaan dunia sebelum datangnya kembali Isa Al Masih ke dunia. Tetapi, bukan berarti menghitung waktu sampai datangnya Hari Kiamat, tetapi untuk mengetahui sampai di mana generasi Islam pertama menempatkan Isa Al Masih di dalam pikiran dan lubuk hati mereka.

Shahihnya atau autentiknya Hadis tidak harus kita bahas; cukuplah Hadis-hadis ini telah disyiarkan dan diakui oleh banyak orang yang percaya dan beriman kepadanya, di mana tersirat sangat berarti. Tetapi, untuk yang meragukan adanya si Dajjal dan peranan utama Isa Al Masih pada waktu Hari Kiamat, boleh kita kutip pernyataan seorang ilmuwan yang terkenal: Al-Qadi Abu Bakr Ibn Al’-Arabi (534h).

Hadis Muslim yang shahih dan hadis-hadis lainnya yang menyebutkan si Dajjal merupakan bukti bagi para pengikut kebenaran tentang adanya si Dajjal secara nyata di mana ia adalah orang yang oleh Allah diberi kuasa bisa membuat hamba-hambanya menderita atau sengsara. Allah akan membuat si Dajjal menampakkan beberapa kekuasaan yang bersifat Ilahi, seperti bisa membangkitkan kembali orang yang ia bunuh, bisa memakmurkan dan menyuburkan dunia ini, menampakkan Firdaus dan Neraka versi dia, dua sungai yang disertai kekayaan bumi di balik dia, bisa memerintah langit menurunkan hujan dan bumi menumbuhkan benih-benih dengan suburnya….Inilah yang dipercayai oleh Muslimin ortodoks (’Ahl ’As-sunah wa’al Jamaah) dan semua penyi’ar Hadis dan ahli hukum Islam ahli fikih (fuqaha‘).

Atas kedatangan Isa Al Masih, ia juga mengatakan:

Kedatangan Isa Al Masih, saw., dan kemampuannya membunuh atau melenyapkan si Dajjal adalah benar dan ini ditegaskan secara resmi oleh kaum Sunnah dalam Hadis yang shahih. Tidak bisa diingkari kebenarannya baik secara logika maupun apa yang telah tersirat dalam firman atau kitab suci. Jadi, harus ditegakkan dan dijunjung tinggi.

Berdasarkan kesaksian ini kita akan melihat lebih dekat lagi pada apa yang mereka ungkapkan tentang kepercayaan kaum Muslimin pada awalnya tentang kedatangannya kembali Isa Al Masih ke dunia.

Tanda-tanda Akhir zaman

Hadis yang benar dan relevan menggambarkan beberapa tanda yang mengisyaratkan sudah mendekatnya Hari Kiamat. Di antaranya banyak kekufuran atau kemungkaran, keresahan bagi orang yang beriman, doa yang tidak terkabul dan merajalelanya kejahatan.

Dari bangsa kami akan banyak orang yang akan mengingkari Allah dan Al-Qur’an tanpa menyadari bahwa mereka ingkar….Kegembiraan orang yang beriman di masa itu menghilang dan keresahan semakin mencekam…tidak lama setelah si Dajjal muncul.

Salah satu tanda dari datangnya Hari Kiamat adalah dari lima puluh orang berdoa tidak ada satu pun doa yang akan diterima.

Akan datang suatu masa di mana orang yang berpegang teguh dalam imannya akan seperti orang yang sedang memegang erat-erat arang yang membara.

Ali pernah ditanya, ‘O tuanku yang paling teguh iman, kapan si Dajjal atau Al Masih Palsu akan datang?’ Beliau kemudian menggambarkan kondisi/keadaan dunia sebelum datangnya si Dajjal dan kedatangan kembali Isa Al Masih:

Doa-doa menjadi sia-sia, keimanan akan luntur, pemerintahan akan lemah, ketidakadilan akan lebih dihargai daripada keadilan, ratu akan jahat dan para menterinya akan menjadi penghianat…, perzinaan dan minuman keras tersebar meluas di mana-mana…, orang-orang berpura-pura seperti serigala berbulu domba, orang-orang hatinya penuh cemburu dan kedengkian, lidahnya manis penuh tipuan.

Kemudian, ditanya lagi, ‘O tuanku yang paling teguh iman, siapakah Al Masih Palsu itu?’ Ali menjawab, ‘Ia adalah Safy Ibn-Sayyad’ (seorang yang dicurigai sebagai si Dajjal). ‘Al Masih Palsu akan megajak: “Marilah, teman-temanku, mari ke mari datang kepadaku….Akulah salah seorang yang menciptakan Neraka, akulah pembimbing yang baik dan aku adalah Tuhanmu yang Maha Tinggi.”’ Ali kemudian menambahkan, ‘Pembohong adalah musuh Tuhan.’

Apapun yang Allah ciptakan akan Ia akhiri, dan agama ini [Islam] akan terus ditegakkan, kemudian akan luntur dan tanda kelunturan itu adalah terpecahnya persatuan dan persaudaraan, mendapatkan nafkah dari penipuan, serta adanya pertumpuhan darah korban yang tidak bersalah.

Menurut beberapa Hadis tertentu, sebelum Hari Kiamat, Al-Qur’an akan kembali ke pangkuan Allah, swt.

Hari Kiamat tidak akan datang sampai Al-Qur’an kembali ke asalnya.

Al-Qur’an akan diangkat ke langit pada suatu malam sehingga tidak satu pun ayat tertinggal pada Mushaf (naskah tertulis Al-Qur’an).

‘Mula-mula yang akan hilang dari agamamu adalah amanah (kejujuran dan kepercayaan) dan yang terakhir adalah sembahyang, jadi meskipun banyak yang sembahyang, mereka sudah tidak membawa amanah dari Allah lagi. Al-Qur’an ini yang sangat berharga di antaramu tiba-tiba akan menghilang dan diangkat ke langit.’ Mereka bertanya, ‘Bagaimana bisa terjadi, karena Allah telah menyegelnya di dalam hati kita dan sudah tertulis dalam Masahif kita (masahif jamak dari mushaf)?’ Ia menjawab, ‘Pada suatu malam, Al-Qur’an akan diangkat ke atas langit dan akan menghilang, begitu juga yang ada dalam hati dan kitab-kitabmu.’ Kemudian, Abd-Allah mengutipkan, ‘Dan kalau Kami kehendaki, niscaya Kami lenyapkan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu itu’ (Al-Qur’an 17:86.)

Hadis lain menyatakan:

Hari Kiamat tidak akan datang sampai Kitabullah (Al-Qur’an) disia-siakan orang, dan Islam sebagai tamu asing di negeri sendiri…, kejahatan dan pertengkaran semakin tumbuh dengan suburnya…, perbuatan dosa dianggap hal yang biasa, kejujuran diragukan orang…, pembunuhan semakin meningkat…, ketidakadilan, kedengkian, irihati dan mementingkan diri sendiri atau egoisme semakin semarak…, hujan akan turun dengan derasnya tapi hasil bumi akan berkurang. Pengetahuan akan jarang didapat, kebodohan akan subur…, kebencian akan semakin terbuka dan dianggap umum…dan akan banyak pengkhutbah-pengkhutbah palsu yang akan mengubah kebenaran demi keuntungan orang-orang jahat di negeri kami ini.

Hari Kiamat tidak akan datang sampai Al-Qur’an kembali lagi ke tempat asalnya. Kemudian akan terdengar suatu gaung seperti suara sekelompok lebah, dan Allah yang Maha Besar dan Maha Kuasa akan berseru, ‘Apa yang terjadi?’ Dan Al-Qur’an akan menjawab, ‘DariMu aku berasal dan kepadaMulah aku akan kembali, aku selalu dibaca orang, tetapi tidak ada seorang pun mengamalkannya.’ Saat itu juga Al-Qur’an akan diangkat ke langit.

Islam akan luntur seperti warna pakaian…dan Kitabullah (Al-Qur’an) akan diangkat ke langit pada suatu malam sehingga tidak ada lagi di dunia ini. Dan orang-orang tua yang masih hidup akan mengatakan ‘Kami telah mendengar “Tidak ada Tuhan kecuali Allah” (Laa Illaha Illallah) dari nenek-moyang kami, jadi kami mengucapkannya.’

Bukan saja Al-Qur’an yang akan diangkat ke langit, menurut beberapa Hadis, Al Masih Palsu akan datang segera setelah terjadinya perpecahan dalam Islam dan Islam menjadi tamu asing di bumi:

Sebelum kamu, para ahlikitab, terbagi menjadi dua kelompok, tetapi umat yang beragama ini [Islam] akan pecah menjadi tujuh puluh tiga kaum.

Benteng-benteng kekuatan Islam akan runtuh, satu per satu, dan akan datang atau muncul pemimpin-pemimpin palsu.

Amanah dari Allah berangsur-angsur kembali ke asalnya di Medinah seperti seekor ular kembali ke lubangnya.

Demi Allah yang memegang rohku di tangan-Nya, orang-orang akan meninggalkan agamanya secara berduyun-duyun persis seperti waktu mereka memeluk agamanya tersebut.

Islam akan berangsur-angsur kembali ke tanah Hejaz, seperti seekor ular kembali ke lubangnya atau seperti sekumpulan gembala kambing liar saling mendorong bergerombol di puncak gunung….Islam menjadi tamu di negeri sendiri dan akan kembali sebagai pendatang asing, maka berbahagialah orang-orang pendatang yang akan membangun kembali apa yang telah mereka binasakan.

Setelah itu akan datang suatu generasi umat yang melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an tetapi hanya terbatas masuk sampai ke tulang bahunya saja, tidak meresap ke lubuk kalbu. Kapanpun bunyi sangkakala [munculnya orang mulia], tidak akan terdengar oleh mereka, karena jalinannya sudah terputus, kecuali yang nampak di hadapan mereka adalah Al Masih yang Palsu.

Cobaan Yang Terakhir Dan Sangat Berat

Alangkah mengerikan dan suatu gambaran yang gelap yang diungkapkan Hadis di atas, malah mungkin akan lebih daripada itu. Setelah Islam menjadi lemah, Al Masih Palsu akan datang pada kaum tersebut dan menipu penduduk dunia ini. Ia nyata-nyata sebagai rajanya Iblis.

Tidak pernah sebelumnya dan tidak akan ada godaan-godaan yang lebih besar daripada godaan-godaan dari Al Masih Palsu sampai Hari Kiamat.

Sebelum munculnya Al Masih Palsu, tidak lain yang dirindukan orang-orang yang beriman adalah kematian.

Di antara masa diciptakannya Adam dan Hari Kiamat tidak ada lagi yang lebih berbahaya kecuali Al Masih Palsu.

Aisah menuturkan, ‘Aku mendengar Rasulullah dalam doanya mohon perlindungan dari siksaan Ad-Dajjal’ [Al Masih Palsu].

Menurut orang kepercayaan, Nabi Abu Hurairah, Nabi Muhammad, saw., selalu mengatakan, ‘Ya Allah, aku berlindung kepadaMu atas siksa kubur, siksa Neraka…dan cobaan dari Al Masih Palsu.

Menurut suatu riwayat yang dituturkan Hasifah diberitakan bahwa ‘…bila Al Masih Palsu muncul bukan saja yang hidup, mereka yang di dalam kubur pun akan percaya kepadanya.

Dia [si Dajjal] akan muncul antara Siria dan Irak di mana akan menyebarkan kejahatan atau menipu kiri kanan….Ia akan mendatangi orang-orang dan mengajaknya masuk agama atau kepercayaan yang salah dan akan meyakinkannya dengan memerintah langit untuk menurunkan hujan di bumi untuk menumbuhkan hasil bumi, dan di senja hari ternak-ternak mereka akan bersuara girang tanda kenyang dan kantung-kantung susunya penuh, dengan perutnya buncit dan gendut. Kemudian, terus menghampiri orang lainnya seraya mengajaknya, tetapi mereka akan menolaknya dan begitu dia ditolak ia akan meninggalkan mereka dengan suatu kemarau panjang sehingga mereka menjadi miskin. Ia akan berjalan kembali ke tanah yang gersang tadi seraya berucap ‘Keluarkanlah kekayaan dari perutmu’ dan kekayaan dari perut bumi akan keluar dan bertumpuk di hadapannya seperti kumpulan lebah. Kemudian, ia memanggil seorang pemuda yang penuh semangat dan ia ayunkan sebilah pedang membelah pemuda tersebut menjadi dua dan ia pisahkan belahan badannya tersebut jauh-jauh. Setelah itu ia memanggil pemuda tersebut dan pemuda tersebut hidup kembali dengan badannya yang utuh menghampirinya sambil tertawa dengan muka penuh keceriaan. Dan pada saat inilah Allah akan mengirimkan Isa Al Masih, anaknya Maryam, dan ia akan turun dari suatu menara putih mesjid di sebelah timur Damsyik dengan berpakaian berlapis dua, warna kuning muda hasil celupan safron seraya merentangkan kedua tangannya di atas sayap dua malaikat. Ketika ia merundukkan kepalanya, butiran keringat berjatuhan dan begitu menengadahkan kepalanya, butiran seperti mutiara berhamburan di sekitarnya. Setiap orang yang kafir akan mati seketika begitu mencium bau dirinya dan napasnya hanya sebatas jarak pandangnya. Ia kemudian akan mencari si Dajjal sampai menangkapnya di gerbang Ludd dan membunuhnya. Orang-orang yang dilindungi Allah akan menghampiri Isa, anak Maryam, dan ia akan mengusap muka mereka seraya memberitakan derajat mereka di Firdaus.

Si Dajjal akan muncul….Ia bisa menyembuhnkan orang buta dan kusta dan bisa menghidupkan kembali orang mati. Ia akan menyatakan kepada umat manusia, ‘Aku adalah Tuhanmu.’ Bila orang mengakuinya ‘Engkau adalah Tuhanku,’ ia sesungguhnya sudah tertipu.

Si Dajjal memiliki dua buah gunung. Gunung yang satu penuh dengan pohon-pohonan, buah-buahan dan air, sedangkan gunung satunya lagi berasap dengan api yang menyala. Kemudian si Dajjal berkata [tentang kedua gunung tersebut], ‘Yang satu adalah Firdaus dan yang satu lagi adalah Neraka yang sangat panas.

Kepedihan dan kesengsaraan karena si Dajjal akan sangat berat, di mana Tuhan akan memerintahkan syetan-syetan dari timur dan barat dan syetan-syetan itu akan berkata kepada dia [si Dajjal], ‘Kami adalah permbantumu yang setia menjalankan perintahmu.’ Dan si Dajjal akan balik mengatakan ‘Ayo, cepat-cepat katakan kepada mereka bahwa aku adalah Tuhan dan aku telah datang kepada mereka memberikan Firdaus dan Neraka-Ku.

Allah tidak bermata satu dan, Lihatlah!, si Dajjal itu, buta mata kanannya dan bentuk matanya itu mirip buah anggur yang terapung di air.

Abdullah Bin Umar mengatakan bahwa Rasullah berdiri tegak di antara umatnya dan memuji kebesaran Allah, dan begitu ia menyebutkan si Dajjal, ia berkata: ‘Aku peringatkan kepadamu akan si Dajjal dan tidak ada satu pun nabi yang tidak memperingatkan atas tipuan si Dajjal—perhatikan apa yang dicontohkan Nabi Nuh—tetapi ada satu yang belum dinyatakan para nabi kepada umatnya. Kalian mesti mengetahui bahwa ia [si Dajjal] bermata satu sedangkan Allah yang Maha Kuasa dan Maha Besar tidak bermata satu….Di antara kedua matanya akan tertulis hurup [kata] kafir [yang menginkarkan imannya] dan setiap orang yang membenci perbuatan si Dajjal akan mampu melihat hurup tersebut, begitupun orang Muslimin akan bisa melihatnya.

Yang Muncul Di Hari Kiamat

Gambaran yang begitu mengerikan atas kuasa Al Masih Palsu, digambarkan dalam Hadis dan disertai pula dengan mengutarakan bahwa Tuhan akan mengirimkan seseorang yang akan menghancurkan si Dajjal: orang tersebut adalah Isa Al Masih. Ia akan muncul kembali ke dunia sebelum terjadinya Hari Kiamat.

Atas kuasa Allah, Isa, anak Maryam, akan turun ke dunia untuk menegakkan keadilan.

Hari Kiamat tidak akan datang sampai Isa, anak Maryam, turun kembali ke dunia sebagai Hakim yang Benar dan Pemimpin yang Adil [Imam].

Isa, anak Maryam, akan turun ke dunia sebagai Hakim dan Pemimpin yang Adil….Ia akan mendatangi kuburanku dan menyalamiku dan aku akan membalas salamnya.

Lewat kuasa Dia yang memegang rohku di tangan-Nya, Isa, anak Maryam, akan turun di antaramu yang merupakan Hakim dan Pemimpin yang Adil.

Tidak ada seorang pun yang diberi kuasa untuk melenyapkan Al Masih Palsu kecuali Isa, anak Maryam.

Allah akan membunuh Al Masih Palsu…dengan tangan Isa, anak Maryam.

Suyuti menguraikan suatu Hadis yang menggambarkan Al Masih Palsu yang menipu banyak orang dengan kekuatan mujizatnya. Ia juga menambahkan:

Si Dajjal akan menuju Baitul Makdis dan naik ke gunung Afiq. Sementara kaum Muslimin mengarahkan panah-panahnya kepada si Dajjal, tiba-tiba bayangannya menutupi pandangan mereka. Orang-orang yang paling gagah berani dan berpangkat tinggi mulai bersujud kepadanya, yang lainnya ada yang terkesima duduk lapar dan pingsan. Di saat itu mereka mendengar suatu suara berteriak, ‘Bantuan segera datang kepadamu!’ Orang-orang Muslim kemudian mengucapkan syukur: ‘Inilah suara manusia sejati.’ Kemudian, bumi akan terang benderang disinari Nur Ilahi dan Isa, anak Maryam, akan turun ke dunia….Isa akan membunuh Al Masih Palsu dan tidak ada seorang pun pengikutnya yang bersembunyi di belakang benda apapun karena benda itu akan berteriak dan berkata, ‘Di belakangku ada seorang pengikut Al Masih Palsu!’…Kemudian orang-orang akan hidup selama empat puluh tahun. Tidak akan ada seorang pun yang akan mati dan mereka tidak akan sakit.

Isa, anak Maryam, akan datang kembali dan ketika Al Masih Palsu melihatnya, ia akan mencair seperti lilin. Dan Isa akan membunuhnya.

Al Masih Palsu tidak akan meninggalkan tempatnya di bumi, karena di situlah tempatnya dan ia akan berputar-putar berjalan kaki di sana, hanya ia tidak akan menginjak Mekah dan Medinah. Kemana pun ia mencoba masuk, para malaikat akan menyambutnya dengan pedang….Ia akan datang ke bukit-bukit merah dan kota-kota di sekitar tempat itu akan bergetar tiga kali…dan hari itu akan dinamakan Hari Keselematan….Kemudian, ia ditanya: ‘O Rasullah! Di manakah orang-orang Arab di saat itu?’ Ia berkata, ‘Orang Arab pada waktu itu hanya sedikit…dan ketika Isa melihat si Dajjal seketika ia hancur seperti garam larut di dalam air dan ia lari tunggang-langgang kabur…tetapi Isa akan membunuhnya.

Al Masih Palsu…memiliki dua sungai. Yang satu sarat dengan api yang menyala-nyala dan yang satu lagi adalah mengalirkan air putih….Apabila salah satu darimu bertemu dengannya, biarkan dia menutup matanya dan minum dari sungai yang mengalirkan api, buat dia itu adalah air yang dingin. Tetapi, hati-hati dengan sungai yang satu lagi! Aliran sungai berair putih sebenarnya merupakan tipuan….Ia akan datang dan membunuh sepertiga orang Muslimin, sepertiganya lagi akan ia taklukkan dan ia sisakan sepertiganya lagi. Orang-orang yang beriman akan saling berbicara….‘Sembahyanglah sampai subuh dan cepatlah berdoa. Segera setelah itu, hadanglah musuhmu.’ Dan ketika mereka bangkit untuk sembahyang, Isa, anak Maryam, turun kepada mereka dan menjadi imam sembahyang. Setelah selesai sembahyang, Isa mengatakan: ‘Sudahlah, pergi sekarang; biar aku yang menghadapi musuh Allah ini.’ Kemudian, Al Masih Palsu itu hancur.

Kalifah Umar suatu waktu memohon kepada Nabi Muhammad, saw., untuk membunuh seseorang yang bernama Al-Salad (ia mencurigai dia sebagai Al Masih Palsu). Akan tetapi, Nabi Muhammad, saw., berkata:

Apabila memang dia orangnya, kamu tidak bisa mengalahkannya.

Di bagian lain Nabi Muhammad, saw., mengatakan:

Apabila ini memang orangnya, kekuatanmu tidak setara, karena hanya Isa, anak Maryam, yang mampu menandinginya.

Anak Maryam akan turun ke dunia sebagai Hakim yang Adil. Ia akan mendirikan kebenaran dan keadilan….Kemudian permusuhan, kebencian, dan kedengkian akan musnah dan ia akan menyerukan orang-orang untuk menerima wang tetapi tidak seorang pun akan menerimanya.

Diriwayatkan Nabi Muhammad, saw., mengatakan: ‘Allah tidak akan mengecewakan suatu bangsa. Aku yang pertama dan Isa yang terakhir dari bangsa itu.

Tidak ada nabi atau utusan Allah di antara aku [Muhammad] dan Isa, hanya Isalah yang akan mengungguliku di bangsaku setelah aku.

O umat manusia! Aku tiada lain hanya manusia biasa. Aku mengingatkan engkau kepada Allah….Hari Kiamat tidak akan datang sampai munculnya tiga puluh pembohong. Dan yang terakhir adalah Al Masih Palsu yang akan mengaku dirinya sebagai Tuhan….Isa, anak Maryam, akan datang dan Allah akan menghancurkan Al Masih Palsu itu….Kemudian, setelah serangan demi serangan kematian menggugatmu (yakni, terlambatlah sudah bagi siapa pun untuk bertaubat.)

…Dan sementara mereka sibuk membagi-bagikan hasil rampasan perang, setelah mereka menggantungkan pedangnya di atas pohon zaitun, Iblis berseru sambil mengatakan: ‘Si Dajjal telah menggantikanmu di keluargamu.’ Mendengar suara itu, mereka pergi dan ternyata itu tidak benar. Dan begitu mereka sampai di Siria, si Dajjal telah pergi. Kemudian, sementara mereka bersiap-siap untuk berperang dan membagi-bagikan ke pangkatan, waktu sembahyang tiba. Dan Isa, anak Maryam, turun dan menjadi imam sembahyang. Ketika musuh Allah melihat Isa, ia akan hancur seperti garam larut di dalam air….Tetapi Allah akan membunuh si Dajjal dengan tangan Isa. Dan ia akan menunjukkan darahnya [si Dajjal] di pisau dia [Isa].

Meskipun ada Hadis yang mengutarakan kematian Isa dan pemakamannya setelah kemunculannya kembali, uraian keseluruhan Hadis menunjukkan justru sebaliknya, seperti boleh dilihat pada karangan ini (lihatlah juga kepada bagian keempat dari buku seri ini.)

‘O Rasulullah! Apa yang akan terjadi setelah si Dajjal?’ Ia mengatakan, ‘Isa, anak Maryam.’ Kemudian saya bertanya lagi, ‘Apa yang terjadi setelah Isa, anak Maryam?’ Ia mengatakan, ‘Jika seorang manusia mempunyai seekor anak kuda, ia tidak mampu menungganginya sampai Hari Kiamat datang.

Setelah Hari Kiamat

Ketika Isa menghancurkan Al Masih Palsu, Hari Kedamaian dan Kesolehan akan datang. Hadis menunjukkan bahwa apapun yang hidup di saat itu akan menikmati berkah dan kebahagiaan yang agung.

Isa akan turun di atas Gunung Afiq sebagai Pemimpin Panutan dan Hakim yang Agung dan Adil….Ia akan membunuh Al Masih Palsu…dan menegakkan damai di bumi…sehingga andaikata seorang manusia bertemu seekor singa, singa itu merasa tidak terganggu sedikit pun, begitupun andaikata seseorang memegang ular berbisa, tidak akan mematuknya. Bumi akan menyuburkan tanaman seperti saat Nabi Adam hidup di bumi ini dengan aman tenteram. Orang-orang di dunia akan percaya kepadanya dan hanya ada satu agama.

Betapa bahagianya orang yang hidup setelah kedatangannya kembali Isa Al Masih! Langit akan setia menurunkan hujan dan bumi subur dengan tanaman yang menghasilkan dan bermanfaat, meskipun kamu menaburkan benih di atas sebuah batu yang licin. Manusia dengan singa hidup berdampingan tanpa saling membunuh; menginjak ular berbisa sekalipun tidak berbahaya….Tidak akan ada kebencian atau permusuhan.

Isa, anak Maryam, akan menjadi penguasa yang adil dan bijaksana di atas seluruh bangsa….Permusuhan dan kebencian akan menghilang….apa saja yang bersengat akan kehilangan sengatnya, sehingga anak-anak boleh bermain-main dengan ular berbisa tanpa terluka dan singa pun menjadi jinak. Serigala akan seperti anjing di antara domba, dan seluruh dunia akan sarat dengan perdamaian seperti sebuah bejana yang terisi air. Perang akan berakhir, bumi akan seperti sebuah piring perak. Tanaman akan berbuah seperti di saat Nabi Adam hidup, sehingga sekelompok orang akan berkumpul bersama mengelilingi sepiring buah anggur yang manis dan segar, dan mereka akan puas. Sapi jantan akan murah sekali, begitu juga kuda-kuda. Kemudian, umat manusia akan berkata: ‘O Rasulullah, apa yang membuat kuda-kuda menjadi murah?’ Ia berkata, ‘Karena tidak dipakai untuk berperang lagi.’ Kemudian, mereka bertanya kembali, ‘Apa yang membuat sapi-sapi jantan sangat murah?’ Ia menjawab, ‘…Karena seluruh muka bumi akan dibajak.’

Isa, anak Maryam, akan muncul…menempatkan tangannya di atas sayap kedua malaikat…, ketika ia merundukkan kepalanya, kucuran butiran air dengan indahnya bertaburan dan begitu mengangkat kepalanya, batu jamrud seperti mutiara yang cantik berkilauan akan berjatuhan. Sakina ada padanya [atau, ia berjalan atas Sakina], dan bumi pun mengkerut di hadapannya. Ia akan membunuh Al Masih Palsu dan orang-orang Nasrani akan mengatakan, ‘Inilah Al Masih Palsu yang mana kami telah diperingatkan dan sekaranglah Hari Kiamat.’ Dan siapa pun yang menyentuh Isa, anak Maryam, akan dijadikan orang yang mulia. Dengan menyentuh Isa, ia akan terhormat. Isa akan mengusap [air mata atau kesedihan] dari wajah orang [atau, Isa akan mengurapi wajah atau muka orang dengan wewangian] dan akan memberitakan derajatnya di Firdaus.

Ketika Isa muncul kembali, sembahyang kepada Allah yang sesungguhnya akan lebih berarti dari apa pun di dunia ini.

Isa, anak Maryam, akan turun ke dunia sebagai Hakim dan Pemimpin yang Adil….wang akan berlimpah-limpah sampai-sampai orang-orang tidak menginginkannya lagi, dan satu rak‘ah sholat akan lebih berharga daripada dunia beserta seluruh isinya.

Mesjid-mesjid akan menengadah begitu Isa Al Masih muncul, karena ia akan datang kembali…dan bagi orang yang hidup sampai saat kedatangannya akan percaya kepadanya.

Isa, anak Maryam, akan turun ke dunia. Ia akan berdoa dan mengumpulkan umat manusia untuk mengikutinya serta kesolehan ditingkatkannya.

Isa Al Masih, anak Maryam, akan muncul sebelum Hari Kiamat. Ia membuat orang-orang menjadi kaya bathinnya bersama dia dan tidak lagi butuh siapa pun.

Dalam bab selanjutnya, kita akan membahas kesahihan Hadis-hadis tersebut di atas dalam membentuk citra Isa Al Masih yang telah memikat hati kaum Muslimin dan Muslimat di Zaman awal pertumbuhan Islam.

  • Share/Bookmark

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silahkan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

34 Comments

  1. Isa adalah Nabi, seorng yg terpilih untuk menyebarkan agama, bahkan Isa pun tunduk kepada Allah. Kemudian Isa di dipanggil Allah, saya percaya Isa menangis dengan kenyataan ini sebab Isa tidak pernah mengajak umatnya untuk menyekutukannya dg Allah. Isa tidak pernah menyebutkan dirinya sebagai Allah..
    Saat Isa diturunkan ke dunia kelak, salahsatunya Ia akan Mematahkan salib Membunuh semua babi. mohon juga kiranya dibahas disini…

  2. Anisa yang baik,

    Benar sekali, bahwa hal-hal yang kamu sebutkan di atas telah dibahas secara lengkap di dalam tulisan yang ada di tempat ini.

    Alangkah eloknya jikalau Sdri. Anisa bisa membaca dengan seksama sumber-sumber yang ada sehingga bisa menemukan kemuliaan pribadi Isa Almasih, yang terkemuka di dunia dan di akhirat ini.

    Silakan baca Alquran untuk menemukan siapa Isa Almasih, bukan kata orang saja, dan berdoalah supaya Allah memberikan hikmat yang sejati kepadamu.

    Wassalam.

  3. Surat yng mana???
    Silahkan anda tunjukkan kepada saya.
    Anda mengatakan bahwa isa sungguh mulia di bumi dan diakherat,
    Tetapi yg di nast kan di dlm Alquran hanya Isa yg seorang Hamba.
    Lalu siapa Tuannya??
    Tuannya adalah Allah ta’ala, pak!
    Tuhan yg menciptakan Alam semesta, Tuhan yg mencitakan langit ,bumi dan seisinya,
    Tuhan yg menciptakan Adam & Hawa, Ibrahim, Musa dan Nabi2 pendahulu.
    Tuhan yg menciptakan saya dan anda!
    Tuhan yg patut disembah & tidak ada yg setara dengan Dia.
    Dia adalah Allah yg Esa dan ber-tauhid-lah hanya kepada Dia!

    ~~~
    Semua yang berada di langit dan yang berada di bumi bertasbih kepada Allah (menyatakan kebesaran Allah). Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
    QS. al-Hadid (57) : 1

    Kepunyaan-Nyalah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.
    QS. al-Hadid (57) : 2

    Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.
    QS. al-Hadid (57) : 3

    Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa. Kemudian Dia bersemayam di atas Arsy. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
    QS. al-Hadid (57) : 4

    Kepunyaan-Nyalah kerajaan langit dan bumi. Dan kepada Allah-lah dikembalikan segala urusan.
    QS. al-Hadid (57) : 5

    Dialah yang memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati.
    QS. al-Hadid (57) : 6

    Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan manafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.
    QS. al-Hadid (57) : 7

    Dan mengapa kamu tidak beriman kepada Allah padahal Rasul menyeru kamu supaya kamu beriman kepada Tuhanmu. Dan sesungguhnya Dia telah mengambil perjanjianmu jika kamu adalah orang-orang yang beriman.
    QS. al-Hadid (57) : 8

    Dialah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Al Qur’an) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu.
    QS. al-Hadid (57) : 9

    amin.
    ~~~~

  4. Saya kasih suratnya supaya anda bisa baca sendiri:

    Ali ‘Imran 45:

    … Malaikat berkata: “Hai Maryam … Allah menggembirakan kamu … dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al-Masih …., seorang terkemuka di dunia dan di akhirat …

  5. Saudara Robin,
    Ternyata anda belum menangkap maksud saya!
    Tdk ada yg salah dr Alquran, termasuk apa yg anda tunjukkan dalam
    Ali Imron 3:45, begini bunyinya:

    “idz qolatil malaikatu ya maryama innalloha yubasysyiruki bi kalimatim minhus
    muhul masihu ‘isabnu maryama wajihan fiddunya wal akhiroti wa minal
    muqarrobin”

    “ Ketika malaikat berkata : Hai Maryam, sesung-guhnya Allah mengembirakan kamu dengan
    kalimat daripada-Nya namanya Al Masih Isa Putra Maryam. Seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang yang terdekat dengan Tuhan”.

    Anda melihat kata “ORANG” dlm ayat ini, tidak???
    Jika anda tidak melihat, berarti anda ini buta, buta mata dan hati sekaligus!

    Jelas2 di dalam Alkitab ISA/YESUS MENYANGKAL DIRINYA TUHAN, sbb:

    Matius 19: 16 -17
    Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”
    Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah.”

    Yohanes 11:41-42
    Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.
    Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”

    Yohanes 7:16
    Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.

    Lukas 18: 18, 19
    Adalah seorang penghulu bertanya kepada Yesus, katanya: “Ya Guru yang baik, apakah wajib hamba perbuat, supaya hamba menjadi pewaris hidup yang kekal?
    Maka kata Yesus kepadanya: “Apakah sebabnya engkau katakan Aku baik? Seorangpun tiada yang baik, hanya Satu, yaitu Allah.

    Yohanes 5:30
    Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

    Kalau anda tidak menuruti perintah Isa sesuai ayat2 diatas , pantaskah jika anda ini disebut umat Isa???

  6. menambahkan utk saudara Robin,

    Anda percaya Adam?
    Jika Pemahaman anda dengan kata “terkemuka” anda samakan dengan kata yg”paling terkena” atau yg “paling dimuliakan”, bagaimana dengan Adam sebagai bapaknya (asal mula )manusia, apakah kurang terkemuka di akhirat?
    Bagaimana dengan Ibrahim yg adalah bapaknya org beriman? Bagaimana denga Musa, Nuh? apakah jg kurang terkemuka?

    Apakah Ali Imron 3:45 menurut anda intinya ALLAH BERFIRMAN,BAHWA IA AKAN DILAHIRKAN DI DUNIA OLEH MARYAM?

    Padahal artinya (menurut Islam yg punya Qur’an): malaikat (atas perintah Allah-tuhan) berkata kepada Maryam bahwa anaknya, yaitu Isa (manusia) kelak akan menjadi terkemuka di dunia dan akhirat.

    gak ada kata “PALING TERKEMUKA ” hanya “TERKEMUKA”

    Belajar mengartikan kata dulu deh, bung!

  7. Sdri. Anisa,
    Anda mengulang-ulang ayat yang sama, tetapi tidak memperhatikan saran kami untuk melihat ayat-ayat selanjutnya dan sesudahnya. Sehingga Anda bertanya selalu balik lagi ke hal yang sama.
    Di dalam bahasa Indonesia, maka kata imbuhan ter- itu menunjukkan makna paling, jadi siapa yang paling terkemuka di dunia dan di akhirat di antara para nabi? Dan hal-hal terkait sudah dijelaskan di atas.
    Silakan pahami sekali lagi ya,
    Terima kasih.

  8. Tulisan yang sama dan itu2 aja.. mengambil ayat2 Qur’an & hadist yg mendukung atau menghebat2kan yesus. trik lama penganut ajaran kristen, hadist diambil yang bagus aja , ayat2 Qur’an dipotong2..

    Ada 3 poin penting dalam hadist penjelasan tentang tanda2 datangnya kiamat malah DIBUANG… kenapa? karena sangat menohok ajaran kristen itu sendiri

    poin 1:
    Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Demi Yang jiwaku di tangan-Nya, Nyaris akan turun kepada kalian putera Maryam (Nabi Isa as) menjadi hakim yang adil, MENGHANCURKAN SALIB dan membunuh babi dan memungut jizyah dan memenuhi harta … (HR. HR Muslim dalam kitab Iman bab turunnya Isa )

    poin 2:
    Dari Jabir bin Abdillah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Akan tetap ada dari umatku yang berjuang dalam haq dan eksis terus hingga hari kiamat. Kemudian Nabi Isa bin Maryam turun. Lalu pemimpin umat Islam saat iu berkata kepada Nabi Isa,”Kemarilah dan jadilah imam dalam shalat kami”. Namun Nabi Isa menjawab,”Tidak, kalian menjadi pemimpin di antara kalian sendiri . Sebagai bentuk pemuliaan Allah atas umat ini”

    poin 3:
    Rasulullah SAW bersabda,”Nabi Isa masih tetap tinggal di bumi hingga terbunuhnya Dajjal selama 40 tahun, lalu Allah mewafatkannya dan dishalatkan jenazahnya oleh umat Islam (HR. HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban, Al-Hakim dan dishahihkan oleh az-Zahabi )

    Semoga Allah-ku ,menyadarkan kalian

  9. wkkkkkkkkwkwkkkkk
    g mutu banget neeeh jaman sekarang msh aja berdebat masalah siapa yg benar.
    smua mau mng sendiri (jelaslah kan punya keyakinan sendiri2), pikirin aja tuh umat2 msng2 biar klakuan pada bener gimana caranya.(kan kalian mengerti n fasih agama).
    klo begini cara kalian cuma buat pertentangan aja,… bikkin rusuh tau.
    klo begini g rela aku kalian ada di tanah airku ………bikin kacau.
    wahai…wahai para org yg mengerti agama apa seh yg ada dlm pikiran kalian cuma urusin hal2 spt inikah.
    wahai…wahai celakah umat2 kalian ( ya gmn lg para pemikir cuma bisa bersilat lidah tp cenderung pencak silat seee oi oi oi oy gawat lah kita nee bro)
    seharusnya dgn kmajuan yg kalian capai slama ini bisa membuat membuat umat maju, tp liat kenyataan yg ada malah kemunduran umat dlm sgla aspek moral ( wkkkk mungkin gua salah satunya kali).
    kadang2 ku berpikir darimana yah sumber2 kekacauan antar agama di Indonesiaku ini yah ………!!!?????
    yah yah yah lagi2…lagi2…..
    ahhh nenek 2 jg jg tau jawaban nya

    LOVE N PEACE

    …………..hope so wkkkkk semoga aja aminnnnnnnnnnn

  10. copy dari comment tulisan “Nur Laila”

    saya ikutan nimbrung bentar…(memperkenalkan diri dulu)

    saya muslim yang sering mengerjakan proyek Natal dan Paskah (di beberapa gereja dan Sekolah Kristen di Jakarta)…baik itu Kristen maupun Katolik…

    saya sebagai penulis naskah dan sutradara…bahkan pernah jadi pemain (salah satu Gembala Efrata)…

    so sedikit banyak saya paham mengenai seluk beluk kristen dan gereja…gereja terbesar di Jakarta pernah saya obok-obok didalamnya…dari depan ampe yang konon katanya “tempat suci” bagi mereka…

    pernah nge-set tempat penebusan dosa…bantuin Romo pake baju apa itu? yang gede banget (aneh ya sampe segitunya)…saya pernah mendengarkan khutbah Romo…melihat pendeta berceramah…para jama’ah bernyanyi memuji Yesus…melihat kesaksian para jamaah yang baru masuk kristen (dan ada 1 orang waktu itu ‘mantan’ Islam)…semua pernah saya alami…

    karena 2 tahun jd wakil di EO org kristen…dan saya satu2nya muslim di EO itu…dan saya sekarang malah bergaul dengan para pendeta (tetangga bersebelahan)…

    tapi apakah itu mempengaruhi “K E I M A N A N” saya?

    JAWABANNYA :

    malah…”S E B A L I K N Y A”….

    KEISLAMAN SAYA MAKIN KUAT…
    KEYAKINAN SAYA PADA ALLAHU AKBAR MAKIN MANTAP…

    KENAPA ?

    karena dari situ saya tahu KELEMAHAN, KESALAHAN, KEKURANGAN, dan KEBODOHAN umat Kristiani

    KEBIMBANGAN, KERAGUAN, KECEROBOHAN mereka dalam menyampaikan FIRMAN TUHAN makin JELAS…mereka hanya merasa “yakin” dengan menampakkan gestur eksternal doang…padahal sebenarnya muter2 gak jelas…(saya orang teater yang tahu spine, beat, suspen dalam naskah…yang mengerti tentang gestur tubuh, sinkronisasi, dan intonasi dalam ber”laku”…krn sedang skripsi di IKJ)

    apalagi dengan adanya BLOG ini…kaum kristiani makin membuka AIB mereka…terserah kalian (kaum kristen) mau pake bahasa ISLAM kek…pake surat2 Al-Quran kek…tapi sadarlah anda malah memperlihatkan KEBODOHAN kalian…wakakakakakkk…*sorry kebablasan…(mungkin cuma segelintir orang yang paham kesalahan komen anda…tapi coba cek dan resapi betul tulisan kalian sebelum di “SUBMIT COMMENT”)…fiuhhh…nampak berintelek tapi kok kepleset…

    dan dengan komen dari BUNG BATMAN dan NENG ANNISA (klo dsini cmn utk neng annisa doang)…thx bro n sis…KALIAN telah menambah keyakinan pembaca muslim untuk teguh pada agama dinul islam…ati2 bro jgn ampe kepleset kyk mereka klo ngasih komen (ato memang krn berdasarkan Al-Quran yah? jd ga mgkn kepleset)…

    ANEHNYA…saya malah RAJIN PUASA SENIN-KAMIS…setelah mengetahui semua ini…

  11. bang Adil,
    Boleh komentar spt yg anda lontarkan sih, tp apapun itu demi kebenaran apalagi ini soal kitab suci, firman Allah yg diputar balik maknanya..apakah tidak patut kita meluruskan?
    Sejak awal jg sy sarankan teman2 untuk berdebat dgn adil, dan memakai bahasa yg santun, sesuai anjuran Alquran jg khan?!
    Malah kl pada emosi dan lalu jd pencak silat itu sih jd gak keliatan Intelek dong!

    Dan yg lebih penting nih, peringatan dari Allah SWT dalam QS Al-‘Asr (103) 1-3 “

    Wal ‘asri in-nal insana lafi khusrin il-lal-ladziina amanu wa ‘amilusholihati wa tawashou bil haq-qi wa tawashou bis-shobr “

    Demi waktu ‘asr sesungguhnya manusia niscaya dalam keadaan rugi, kecuali orang yang beriman dan beramal sholih dan saling wasiat (nasihat) untuk menetapi barang hak , dan saling berwasiat dengan kesabaran.

    kebayang gak bang, berapa juta mata orang Muslim yg sudah mampir ke situs ini?
    Kalau gak diluruskan, mereka bisa sj ikutan tersesat khan?!
    Lagipula bakalan rugi jd seorng Muslim kl gak pernah menyampaikan (walaupun hanya satu ayat) sebagai nasihat pd Muslim lainnya,…gitu lho bang!

    LOVE n PEACE , jg deh!!

  12. LOVE AND PEACE. Harusnya kita bersatu dan menghargai agama org lain. Jujur, saya tersinggung dengan perkataan saudara Ipinz~ hehehe. . . Yang penting rajin berdoa dan selalu mengikuti firman2 Allah!

  13. saudariku anisa, bagaimanapun, marah itu dari setan, dan kita berpotensi untuk menjadi setan. bila saudari mau berdebat, buka dulu ayat yang menyuruh kita mengajak ke jalan Allah dengan hikmah dan mendebat mereka dengan sesuatu yang jauh lebih baik. Jangan terjebak politik tahkimnya Amr bin Ash. Isa as memang sangat mulia, semua Nabi n Rasul adalah pengejawantahan dari Allah Taala sendiri, krn beliau cuma menyampaikan Wahyu. Al Qur’an melarang kita membeda2kan para Rasul (akhir Al Baqoroh). Mari pertipis perbedaan, biarkan mereka meletakkan patung Yesus, karena tugas kita cuma menyampaikan agar patung tersebut dibalik 180 derajat, sehingga mereka makmum ke Yesus, bersama Yesus menyembah Allah Taala, Yesus saat naik ke langit berumur sekitar 33 tahun, sangat tampan, dan tentunya turun pada umur yang sama. Umurku sudah 40 tahun, jadi Yesus jauh lebih muda dari aku, aku takut, jika beliau kelak turun ke dunia, aku sebagai muslim yang seharusnya menunggu beliau, malah mengingkari, naudzubillahi min dzalik…. Biarlah orang yang cinta ke Yesus menggunakan Al Qur’an n Hadits untuk memperkuat iman mereka terhadap beliau as, haram hukumnya bagi kita untuk mendebat, apalagi memusuhi orang yang mencintai para Rasul. Kita semestinya iri terhadap keyakinan saudara-saudara kita di sini, dan memohon agar Allah menganugerahi kita cinta kepada Nabi Muhammad melebihi cinta mereka kepada Yesus dan kita pun diperintahkan santun dan mengatakan, jikalau kami yakin Isa as adalah anak Allah, maka kami para muslim yang akan paling loyal menyembahnya.

  14. Bung Abu, boleh tau gak ? anda ini Muslim atau bukan ya?

    Kalimat yg anda lontarkan sbb:
    Biarlah orang yang cinta ke Yesus menggunakan Al Qur’an n Hadits untuk memperkuat iman mereka terhadap beliau as, haram hukumnya bagi kita untuk mendebat, apalagi memusuhi orang yang mencintai para Rasul. Kita semestinya iri terhadap keyakinan saudara-saudara kita di sini, dan memohon agar Allah menganugerahi kita cinta kepada Nabi Muhammad melebihi cinta mereka kepada Yesus dan kita pun diperintahkan santun dan mengatakan, jikalau kami yakin Isa as adalah anak Allah, maka kami para muslim yang akan paling loyal menyembahnya.
    ~~~~
    Jawaban dari saya nih bung:

    1. Kita umat muslim tidak pernah diharamkam berdebat terlebih kepada org yg merubah2 isi dan makna Kitab.
    Jawabnya ada di [QS 29.46]
    Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang lalim di antara mereka, dan katakanlah: “Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya (Allah) berserah diri”.

    Bikin situs seperti ini aja udah berbuat aniaya kepada Allah dan kitab suci. Kok dilarang mendebat sih????

    2.Cinta kepada Rosul lalu kemudian mengkultuskannya menjadi Allah itu yg paling dilarang dalam Islam pak, Tuntunannya ada di kalimah:” Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’iin (hanya kepada-Mu (Allah) kami menyembah dan hanya kepada-Mu (Allah) kami minta)

    Kesimpulannya, saya jd ragu kalau anda ini sebenarnya Muslim bung!
    Kalau benar Muslim, cepat2 bertobat aja deh karena gugurlah ibadah anda jika tidak mentauhidkan Allah.
    Wong Rosul aja diperintahkan untuk tidak berbuat berbuat syirik kok.
    Ini ayatnya, bung!

    “Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada Nabi nabi yang
    sebelummu bahwa jika kamu berbuat syirik, niscaya akan terhapuslah amalmu
    dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.”(QS. Az-Zumar ayat 65)
    ~~~~~

    Hayo jawab sy dgn jujur, anda ini muslim atau bukan??
    Atau Islam KTP kl ya… :D
    Hati2, jangan2 anda jd korban berikutnya … domba yg lepas dr kandang dan diterkam serigala !! #:-S

  15. DALAM PERBINCANGAN DI SESI INI MUNGKIN ANDA BISA BACA FIRMAN ALLAH SWT YANG MENOHOK OBROLAN BOHONG KALIAN

    Al-Baqarah Ayat 135, Allah SWT berfirman:

    Coment Kamai utuk hal hal yang anda paparkan semua di jawab Oleh ALLAH TUHAN SEMESTA ALAM
    DAN TIDAK ADA TUHAN SELAIN DIA Dia yang memiliki kerajaan langit dan bumi

    Mereka berkata, “Jadilah kamu penganut Yahudi atau Nasrani supaya kamu mendapat petunjuk.” Katakanlah, “Kami ikuti agama Ibrahim yang lurus, dan bukanlah ia termasuk orang-orang musyrik (yang mengada-adakan sesembahan selain Allah).”

    Allah SWT didalam firman-Nya, Surat Al-Baqarah Ayat 111,
    Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) itu berkata, “Tidak akan masuk surga kecuali para penganut Yahudi atau Nasrani.” Begitulah, itu (hanya) anggan-angan mereka. Katakanlah (wahai Muhammad), “Tunjukkanlah buktimu jika kamu orang yang benar.

    [3:20] Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: “Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku”. Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi190: “Apakah kamu (mau) masuk Islam”. Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

    [3:83] Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.

    [3:84] Katakanlah: “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, ‘Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nyalah kami menyerahkan diri.”

    [3:85] Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.

    Tidak lah aneh bagi Kami apa yang anda buat dengan bermacam macam daya dan upaya untuk mengelabuni dan menipu kami sesungguhnya kamu telah menipu dirimu sendiri
    dan strategi yang anda lakukan tidak pernah akan berhasil karena anda sedang melawan TUHAN SEMESTA ALAM ( ALLAH SWT ) .
    demikian lah Allah menyingkap STRATEGI anda ,ALLAH swt Berfirman sbb :

    Allah SWT dalam Surat Ali ‘Imran Ayat 72,

    Dan segolongan dari ahli kitab mengatakan (kepada sesamanya siasat yang akan dilakukan), “Perlihatkanlah (seolah-olah) kamu percaya (beriman) kepada yang diturunkan kepada orang-orang mukmin itu diawal hari, dan ingkarilah pada akhirnya, agar mereka berbalik (mengikutimu).”

    dan anda sok tahu dan yakin apa yang anda tuliskan padahal anda tidak tau apa yang anda bicarakan dan firman ALLAH swt di atas sngat lah menohok anda terutama orang nasarni pada umumnya.
    dan allah ber firman tentang dirinya :

    Dialah ALLAH tuhan yang maha esa
    Tempat bergantung segala sesuatu
    tidak beranak dan tidak di peranakan diperanak
    dan tidak ada sesuatupun yang setara denganya

    Maha benar allah dengan segala firmanya

    SEMUA INI JAWABAN BUAT KALIAN PARA PEMBOONG DAN BUALAN TAK BERGUNA KUSUSNYA ADMIN SITUS SIARANALHAYAT
    Terim kasih

  16. DENGAN NAMA ALLAH YANG MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG

    dan terimakasih buat BUNG IPINZ APA YANG ANDA KATAKAN BENAR DAN HADIS YANG ANDA PAPARKAN JUGA BENAR
    TAPI MEREKA TETAP TUTUP MATA AKAN DILEMA YANG MEREKA ( NASRANI ) HADAPI ,MEREKA MUTAR MUTAR DALAM LINKARAN SETAN GAK KETEMU UJUNG DAN PANGKALNYA ………..

    NOTE :
    ANDA TELITI LAGI ALKITAB ANDA BIAR GAK KECELE ….DENGAN LOGIKA TENTUNYA
    SOALNYA DI SITUS INI ADA YANG MENGATAKAN BURUK KEPADA ROSULLULLAH MUHAMAD PADA WAKTU MUHAMAD MENERIMA WAH YU….
    TAPI BUNG BUKAN KAH AL QURAN MENCENGANGKAN ANDA DENGAN FIRMAN ALLAH DAN SANGATLAH MENGAGUMKAN ISISNYA…..TAPI MENURUT SAYA MUNGKIN PAULUS DAN KAWAN KAWAN NYA YANG MABUK KETIKA MNISBATKAN DIRINYA SEBAGAI RASULL DAN MENULISKAN FIRMAN FIRMANYA YANG KALIAN ANGGAP FIRMN TUHAN ….MASA KATA KATANYA ISA DI KALAH KAN OLEH PAULUS …..COBA ANDA BACA LAGI DI ULASAN BUNG BATMAN DI KESAKSIAN NURLELA……….GAK ADA BUKTI APA YANG ANDA KATA KAN TERHADAP ROSUL MUHAMAD SAW ……ISISNYA MENAKJUBKAN

    DAN NADA PERNAH NENDENGAR TENTANG TERJADINYA ALAM SEMESTA DI DALAM ALQURANBUKAN….
    DAN APAKAH NADA PERNAH MENDENGAR ISTILAH BIGBANK ( TERJADINYA ALAM SEMESTA )
    KLO BELUM BACA DULU BARU BICARA ……OK…?????????????????????????????????

    ALLAH BERFIRMAN DALAM AL QURAN :

    ” SUATU SAAT NANTI KAMU AKAN MENGERTI AYAT AYAT TUHANMU ”

    TAU MAKSUDNYA >>>>>>???????????
    DENGAN KEMAJUAN ILMU PENGETAHUAN RAHASIA AL QURAN AKAN TERUNGKAP …….DAN SEKALIGUS MEMBENARKAN AL QURAN …..
    SALAH SATU CONTOH NYA ” TEORI BIG BANG ” SEMULA TEORI INI DI ABAY KAN SETELAH DITEMUKAN BEBERPA ALAT UNTUK MENANGKAP RADIASAI DAN PERGERAKAN BENDA BARULAH MEREKA MENGAKUAI BAHWA ALAM SEMESTA TERJADI DENGAN LEDAKAN BESAR ……( BIG BANK )
    JADI YANG KENA EPILEPSI DIALAH PAULUS DAN KK …..YANG MENULISKAN FIRMAN TUHAN GAK MASUK AKAL …..MAKANYA DI ALAKITAB TUHANYA BERKESAN BODODH DAN LEMAH KARENA ISA ALAMASIH NABIYULLAH TIDAK PERNAH MENGAKU TUAN ….BUKAN KAH TERBUKTI DI BEBERAPA AYAT DI ALKITAB ANDA SENDIRI MASALAH INI …..JADI SUDAH LAH JANGAN MEMBUAL ………….
    ANDA BICARA KESANYA INTELEK TAPI KECELEK ………HATI HATI BRO BNAYK ORANG PINTAR JANGAN SEMBARANGAN ……..BIAR NADA GAK DIRENDAHKAN …..

    APA BEDANYA KEPERCAYAAN ANDA DENGAN DOGMA DAN DOKTRIN ( ASAL KAMU PERCAYA SAMA YESUA )….BUKAN KAH ANDA BILANGDEMIKIAN ..???

    DENGAN SESEORANG YANG PER CAYA DENGAN DUKUN KATA SI DUKUN BLANG ” KALAU KAMU PERCAYA KEPADA SAYA PASTI PERMINTAAN ANDA TERKABUL KALO GAK YA GAK BISA , JADI KATA SIDUKUN , YANG PENTING ANDA PERCAYA SAJALAH PASTI SAYA AKAN MENYELESAIAKN SEMUA MASALAH MU ”

    DENGAN ULASAN DEMIKIAN APA YANG ADA PIKIRKAN……???? ANEH BUKAN….?
    INILAH KEPERCAYAAN ANDA SAMA DENGA PERCAYA KEPADA DUKUN TANPA DI CEK DULU KEBENARANYA …..????……………………….JANGAN NGELAK BRO INI LOGIKA

    SELAMAT MEMIKIRKAN HAL INI

  17. The Dragon yang baik,

    Terima kasih untuk komentarnya, bahkan dengan huruf besar semua, tetapi saya justru ingin bertanya kepada Anda, “Apakah Anda tidak lelah?”

    Bukankah topik ini menjadi pembicaraan luas dan sepertinya malah menjadi penantian, bahwa saatnya akan tiba pada kejayaan ketika Al Masih datang? Mengapa Anda justru tidak membahas tentang masalah ini tetapi justru memberikan ancaman, peringatan, tentang banyak hal yang tidak perlu.

    Bukankah setiap orang bisa beragumentasi dengan baik, dengan tersedianya fakta-fakta yang ada di internet, mari kita mencarinya bukan?

    Jikalau Anda ingin OOT ke Alquran dan Iptek, silakan lihat di :
    http://www.siaranalhayat.com/2009/12/04/astronomi-dan-qur%E2%80%99an/

    Wassalam.

  18. Bapak-Bapak yang baik …

    Maaf kalau saya ikut berkomentar, saya melihat seharusnya apabila ada seseorang ingin berpindah keyakinan (dari keyakinan apa saja ke keyakinan lainnya) itu adalah menjadi hak asasi manusia tersebut dan tidak dapat diganggu gugat oleh siapapun, karena tindakan itu adalah merupakan tanggung jawab masing-masing manusia dengan Sang Pencipta (Allah / Tuhan) nya.

    Sang Pencipta memberikan kita kebebasan untuk memilih jalan mana yang akan diikuti oleh hati nurani manusia itu masing-masing (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha atau bahkan aliran kepercayaan). Kita tidak berhak melarang, mengancam, menghakimi, bahkan sampai membunuh mereka apabila tindakan berpindah keyakinan tersebut dianggap MURTAD.

    Kemudian menanggapi pembahasan diatas sebelumnya, janganlah kita berargumentasi dengan EMOSI dan KATA-KATA KASAR bahkan seharusnya marilah kita atau bapak-bapak sekalian berargumentasi dengan cara yang profesional, bermartabat, dan didukung dengan data-data atau fakta-fakta yang ada, agar … orang-orang yang membaca dan melihatnya dapat mengerti jelas siapa, mana, dan apa kebenaran itu? Karena seperti bapak The Dragon katakan bahwa ALLAH MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG, berarti Sang Pencipta (Allah / Tuhan) kita itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan PASTINYA TIDAK MENGAJARKAN kita hal-hal yang buruk, jelek, negatif, kasar, bahkan sampai membunuh sebab DIA PASTINYA MENGASIHI, MENYAYANGI kita serta MENGAMPUNI kita apabila kita bertobat padaNYA.

    Wassalam.

  19. Saudara-saudara yg kami kasihi,

    Buat saudara2 yg kurang percaya bahwa Yesus telah wafat di salib, maka Yesus sendirilah yg membuktikan bahwa Dia memang mati di salib, salah satunya lewat saudara kita di Malta, Angelic.

    http://www.youtube.com/watch?v=zHscohhwH14&feature=related

    kejadiannya belom lama, sepanjang tahun 2007-2009, Angelic telah mendapat penglihatan dimana Bunda Maria telah menampakkan diri dan membawa pesan kepada kita. Angelic juga telah mengalami stigmata, yaitu menerima penderitaan luka2 seperti Yesus alami ketika akan disalib. Angelic adalah seorang awam, buta, di Malta.
    Stigmata ini telah dialami beberapa orang seperti Julia Kim, Naju,Korea. Saudara bisa baca dan melihat gambarnya di toko buku.

    Saya ada juga punya slide mengenai fakta kematian Yesus secara ilmiah.Kl tidak bisa dibuka, bs minta ke saya by email.

    file:///D:/Scientific Fact of the Death of Jesus.pps

    Dengan segala siksaan seperti itu, dimana Yesus sebagai manusia yg terdiri dr darah dan daging, bila darah sudah habis, dan tinggal sisa air, bagaimana mungkin bisa hidup dan pergi, karena Dia mau membuktikan bahwa Dia wafat untuk menebus dosa2 manusia, 3 hari kemudian bangkit dan naik ke Surga dengan kemenangan, siapakah yg bisa mati, bangkit dan naik ke Surga kalau bukan Allah?

    Semoga dapat bermanfaat dan menambah iman kita…

    Wasallam,

  20. Hai semua, apa kabar?
    Seru ya debatnya. Tadinya sedikit terbawa emosi baca komen saudara-saudari sekalian. Tapi Puji Tuhan bisa teredam.

    Buat saudara-saudara yang muslim, gak apa-apa tidak mau menerima Yesus sebagai Juru Selamat.

    Buat saudara-saudara yang menerima Yesus sebagai Juru Selamat, give thanks, anda salah satu yang terpanggil. Tetapi sesungguhnya harus memikul kuk (beban) yang berat yaitu salib mu sendiri. Menjadi tidak serupa dengan dunia, di hina, di maki, tapi percayalah, Dia tak jauh darimu. Tebarkanlah kasih, bukan amarah dan dengki, bukan dengan ledakan bom, bukan dengan sirik, bukan dengan kekerasan. Apalah arti ibadahmu kepada Tuhan kalau menyakiti hati sesamamu?
    Kiranya Tuhan menguatkan kita semua.

  21. hanya KASIH yang diajarkan Yesus kepada kami……….

    jadi apapun yg saudara katakan

    I don’t care….

    kami tetap mengasihimu….

    Tuhan Yesus memberkati……

  22. saudari anisa……

    “Matius 19: 16 -17
    Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: “Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?”
    Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah.”

    Yohanes 11:41-42
    Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.
    Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”

    Yohanes 7:16
    Jawab Yesus kepada mereka: “Ajaran-Ku tidak berasal dari diri-Ku sendiri, tetapi dari Dia yang telah mengutus Aku.

    Lukas 18: 18, 19
    Adalah seorang penghulu bertanya kepada Yesus, katanya: “Ya Guru yang baik, apakah wajib hamba perbuat, supaya hamba menjadi pewaris hidup yang kekal?
    Maka kata Yesus kepadanya: “Apakah sebabnya engkau katakan Aku baik? Seorangpun tiada yang baik, hanya Satu, yaitu Allah.

    Yohanes 5:30
    Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.”

    Adakah dari ayat- ayat diatas yang menyatakan bahwa Yesus menyakal diri-Nya sebagai Tuhan ?!

    Ada maksud dari semua yang dikatakan Yesus pada ayat- ayat diatas, dan artinya bahwa Ia ingin menyatakan kepada manusia bahwa Dia dan Bapa-Nya adalah SATU, yakni Allah yang SATU. Jika Anda ingin menggunakan ayat- ayat tersebut, harus baca dahulu ayat- ayat sebelumnya dari Kitab Kejadian hingga Wahyu, biar mengerti apa yang dimaksud. Jika Anda ingin menuliskan ayat- ayat tersebut, harus tau dulu arti yang sebenarnya, sebab dalam mengartikan ayat- ayat Alkitab tidak boleh asal ditebak, tapi pencurahan dari Tuhan.

    Semoga Ruhul Kudus menerangi Anda sehingga A nda tau yang sebenarnya.

    God Bless……

  23. Saudara2ku, marilah kita memandang sampai ke awal sejarah manusia. Mengapa Tuhan memberikan agama yaitu karena adanya dosa. Bagaimana kita agar selamat haruslah menuruti segala perintah Allah, Taurat bagi Yahudi, Alquran bg Muslim, Wedha bg Hindu, Tripitaka bg Budhis, jg Konfusius. Tetapi kita tahu bahwa upah dosa adalah maut (kematian kekal) dan untuk itu kita harus sesempurna mungkin beramal ibadah agar bisa masuk surga. Tetapi itulah tujuan TUHAN Allah memberikan hukum2 & perintah2 supaya kita disadarkan bhw segala kesalehan kita layaknya kain kotor (=kain pel lantai) di hadapannya & bhw bila kita walaupun menuruti 99% kitab suci ttp melalaikan salah satunya kita melanggar keseluruhannya, krn ALLAH mahasuci & tdk menerima sesuatu kenajisan sdktpun, setuju? Makanya dapat dipastikan bhw tdk ada satupun manusia fana yg akan masuk sorga, seberapa kuat & hebatnya dia menjalankan perintah agama & ritual2nya.

  24. Tapi berita baiknya bahwa Allah Yang MahaHadir tdk tetap tinggal di sorga menyaksikan kematian manusia yang diciptaNya serupa dengan DiriNya, melainkan mengambil rupa seorang hamba untuk menjalani merasakan sendiri sebagai manusia yg lemah & terbatas, demi sebuah misi yg telah dirancangkanNya sendiri sejak Adam & Hawa jatuh ke dalam dosa ketidaktaatan. Simbol pengorbanan ini adalah ketika IA memerintahkan nabi Ibrahim menyembelih Ishaq, anak tunggalnya. Jika manusia sanggup melakukannya, terlebih DiriNya rela berkorban demi satu-satu manusia ciptaaNya.
    Itulah jalan satu2nya yg harus ditempuh ISA AL-MASIH untuk mati menggantikan hukuman yg seharusnya Saudara2 tanggung. ALLAH yang berinisiatif, peduli, mengasihi, hangat menyambut kita sebagai anak2Nya apabila kita beriman pada pengorbananNya, bukankah Allah yg demikian yg membawa damai ke dalam hidup kita yg resah, gundah, putus asa, berbeban berat, letih & lesu menjalankan kewajiban2 & perintah2 agama
    yg sama sekali tdk dimaksudkanNya untuk kita jalani. JalanNya yg lurus
    & benar
    adalah mengganti harga nyawa kita semua dengan nyawaNya yg tak berbatas secara gratis. Ia menawarkan emas ini di perempatan jalan. Mereka yg miskin hatinya tdk menyia2kan kesempatan berharga ini, tetapi sebaliknya yang merasa kaya akan pengetahuan agamanya, mengangap remeh emas yg ditawarkan, karena punya prasangka thdp Sang Pemberi, merasa gengsi, menganggap Dia penipu, atau adanya stigma cuci otak utk mengharamkam anugrah terindah yg ditawarkanNya.
    Bagaimanapun seluruh berita yg Anda dengar disampaikan dengan kasih utk memberitahukan itu lho ISA, Dia punya obat penyakit AIDS yg kamu derita. Anda boleh berprasangka adanya kristenisasi, tetapi adalah kejam apabila kita tahu obatnya tetapi tidak mau menyebarluaskan kepada Saudara2 yg juga sedang menderita & berada di ujung kematian.

  25. Mengenai datangnya kembali ISA AL-MASIH di hari kiamat adalah harus mengacu pada nubuat kitab suci Nabi2 perjanjian lama serta nubuat2 Yesus Kristus dan rasul2 pd perjanjian baru. Hal tsb o.k keakuratan nubuat dan ramalan yg diinspirasi Roh’ul Qudus yaitu Allah sendiri. Sesuai hukum Musa, seorang nabi Allah haruslah menyampaikan firman Allah dgn tingkat bull’s eye tepat 100%, jika tdk hukuman rajam batu sampai mati bagi nabi palsu. Mengapa org2 yahudi menyimpan & menyalin dgn hati2 kitab sucinya padahal isi kitab2 itu sebagian besar ramalan2 kehancuran Israel di masa lampau, di mana menjadikan nabi2 org paling dibenci seantero negeri, ialah krn ramalan2 itu memiliki ketepatan sempurna. Adapun ramalan2 utk akhir zaman termasuk kembalinya Israel ke tanah pusakanya, pendirian Bait Suci di lokasi Temple of Dome, bencana2 kelaparan, gempa bumi, tsunami, sampai kabar2 perang, antikristus, peperangan nuklir& senjata biologis, yg berujung pada Harmagedon sudah antri utk digenapi. Itulah salah satu ciri2 Kitab yang diwahyukan Allah. Karena Allah tak pernah salah sekecil apapun dan segala yang difirmankanNya sudah terjadi di masa lampu, sekarang & masa depan. Keakuratan terbaru Alkitab adalah penemuan bahtera Nuh di pegunungan Ararat dengan ukuran yg katanya sama persis tertulis di Alkitab. TUHAN yg benar pasti menjaga firmanNya dari pemalsuan2 yg mengaku kitabnya langsung berasal dari allah.

  26. Buat Annisa,
    Ayat alkitab Filipi 2:6-11 merupakan jawaban pencarianmu akan kebenaran. YESUS adalah hamba Tuhan itu betul, Yesus adalah manusia itu betul, Yesus adalah Tuhan yang patut disembah itupun betul. Alkitab itu bukunya Yesus, jadi kalo mo dapat info yg benar dan akurat tentang Yesus jangan bersumber dari sepotong2. Semoga dapat pencerahan.

  27. YESUS KRISTUS (ISA ALMASIH) AKAN DATANG KEMBALI KE DUNIA INI SEPERTI HALNYA DIA TERANGKAT NAIK KE SURGA DENGAN DISAKSIKAN MURID-MURID-NYA DI BUKIT ZAITUN….

    KETIKA YESUS KRISTUS DATANG KEMBALI SEMUA LUTUT AKAN BERTELUT DAN SEMUA LIDAH AKAN MENGAKU BAHWA YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN BAGI KEMULIAAN ALLAH BAPA….

    1. KELAHIRAN-NYA DI BETLEHEM
    2. SENGSARA-NYA DI TAMAN GETSEMANI SEBELUM PENYALIBAN
    3. KEBANGKITAN-NYA DARI KUBUR
    4. KENAIKAN-NYA KE SURGA

    KEEMPAT POIN DIATAS DI TEGUHKAN OLEH BERITA MALAIKAT ALLAH….
    LALU APAKAH KEDATANGAN YESUS KE DALAM DUNIA HANYA DOKTRIN KEAGAMAAN SAJA??? PERISTIWA ITU AKAN SAMA NYATANYA SEPERTI APA YANG TELAH DIA LAKUKAN SELAMA DI BUMI.

    ITULAH SEBABNYA YESUS KRISTUS BERKATA “AKU AKAN MENYERTAI ENGKAU SAMPAI AKHIR ZAMAN”

  28. JANGANKAN ORANG ISLAM, PARA PEMUJA SETAN AJA MENOLAK KASIH DAN KARYA PENEBUSAN DOSA DALAM YESUS KRISTUS BAHKAN MEREKA MENGHINA SERTA MENOLAK UNTUK MENGAKUI BAHWA YESUS ADALAH TUHAN YANG LAYAK DISEMBAH….
    TERLALU BANYAK DI DUNIA INI ORANG-ORANG YANG MENOLAK KRISTUS BAHKAN MENGHINA-NYA…

  29. Bukankah pintu neraka lebar dan menyenangkan banyak pengikutnya.

    tapi pintu surga sesak dan sempit banyak orang tidak suka melewatinya

  30. Ya Tuhanku, Isa Almasih, yang berkenan turun ke dunia hina ini, menjadi manusia, tanpa meninggalkan kemuliaanMu di sorga dan di semesta. Engkau yang berasal dari Allah pencipta, Allah Maha besar yang begitu penuh kasih sehingga bersedia menyelesaikan dosa yang kami ikat dengan Iblis. Ya Allah kami, yang bersedia menjadi manusia, menjadi “kalimat yang mendaging”, yang menggantikan ribuan kambingdan domba yang biasanya kami jadikan pengganti bayaran atas dosa kami. Engkau sendiri yang melepaskan kami dari jerat dosa, tetapi kami sekarang mendukakan hatiMu ya Allah, dengan tidak menerimamu sebagai Juruselamat kami. Kami bersyukur Engkau tidak datang dalam wujud asliMu, jika demikian kami pasti mati terbakar oleh karena kekudusanMu. Tapi Engkau bersedia ber-inkarnasi menjadi manusia, sehingga kami melihat, mendengar, merasakan, dan diajari KASIH, PENGARAPAN dan IMAN. Aku percaya, Engkau tidak perlu dibela, karena Engkau Mahabesar. Maka bela-lah kami yang tertindas oleh kuasa Iblis yang merongrong pikiran dan emosi kami…

    Ya Allah, yang kami kenali melalui kehadiran Isa Almasih. Terima kasih untuk bersedia hadir bersama kami, dan kami mengharapkan kedatanganMu kembali sebagai Hakim yang akan membuka kebenaran di bumi dan akhirat….

  31. 1 Korintus 1:18 :”Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah”

  32. An-nisa 171:
    Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al-Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan:”(Ilah itu) tiga”, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Ilah Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.

    Memang menurut Qur’an Suci Nabi ‘Isa a.s memang roh Allah dan kallimahnya namun hal ini sama sekali tidak mendukung bukti tentang ke-Tuhan-an beliau. Kata rauh dan ruh, dua-duanya berarti kemurahan Allah (Lane Lexicon kamus Arab-Inggris oleh Edward Lexicon, bab rauh); ini adalah arti yang sebenarnya dari kata ruh yang sedang dibahas dalam ayat 4:171 . ruh berarti pula ilham atau wahyu Ilahi (Lane Lexicon kamus Arab-Inggris oleh Edward Lexicon). Jika makna ini yang diambil, maka ini hanya penjelasan saja dari apa yang diuraikan dalam kalimat sebelumnya, yaitu, ramalan TUHAN yang disampaikan kepada Maryam. Dengan demikian, ayat ini berarti, bahwa datangnya adalah sesuai dengan ramalan dan ilham dari TUHAN . walaupun kata roh ini diambil maknanya sebagai ruh, inipun tak membawa Memang menurut Qur’an Suci Nabi ‘Isa a.s memang roh Allah dan kallimahnya namun hal ini sama sekali tidak mendukung bukti tentang ke-Tuhan-an beliau. Kata rauh dan ruh, dua-duanya berarti kemurahan Allah (Lane Lexicon kamus Arab-Inggris oleh Edward Lexicon, bab rauh); ini adalah arti yang sebenarnya dari kata ruh yang sedang dibahas dalam ayat 4:171 . ruh berarti pula ilham atau wahyu Ilahi (Lane Lexicon kamus Arab-Inggris oleh Edward Lexicon). Jika makna ini yang diambil, maka ini hanya penjelasan saja dari apa yang diuraikan dalam kalimat sebelumnya, yaitu, kalam TUHAN yang disampaikan kepada Maryam. Dengan demikian, ayat ini berarti, bahwa datangnya adalah sesuai dengan kalam dan ilham dari TUHAN . walaupun kata roh ini diambil maknanya sebagai ruh, inipun tak membawa pengartian bahwa Nabi ‘Isa a.s bukan manusia biasa, karena Nabi Adam pun disebutkan dalam Qur’an Suci : Aku tiupkan roh-Ku di dalamnya (15:29). Menurut Qur’an Suci, tiap-tiap orang itu sebenarnya ditiupkan roh Allah: Lalu ia sempurnakan dia, dan Ia tiupkan di dalamnya roh-Nya, dan Ia berikan kepada kamu pendengaran, penglihatan dan hati”( 32:9), jadi apa bedanya dengan nabi Adam bang? Selanjutnya ada satu Hadits yang dikutip oleh LL dalam bab rauh yang bunyinya: Ahya-n-biruhihi, bacaan yang betul ialah ruh (bukan rauh), artinya, Dia (Allah) memberi hidup manusia dengan roh-Nya. maka dari itu, kata ruhun minhu, Yang hanya dapat diartikan roh dari Dia, membuktikan dengan jelas, bahwa dalam arti ini, kata-kata itu tidak khusus diterapkan trehadap Nabi ‘Isa a.s, karena, beliau itu bukan Duli Firman Allah atau Duli Ruh Allah, melainkan hanya suatu firman dan suatu ruh sebagaimana yang dijelaskan. Selanjutnya ada satu Hadits yang dikutip oleh LL dalam bab rauh yang bunyinya: Ahya-n-biruhihi, bacaan yang betul ialah ruh (bukan rauh), artinya, Dia (Allah) memberi hidup manusia dengan roh-Nya. maka dari itu, kata ruhun minhu, Yang hanya dapat diartikan roh dari Dia, membuktikan dengan jelas, bahwa dalam arti ini, kata-kata itu tidak khusus diterapkan trehadap Nabi ‘Isa a.s, karena, beliau itu bukan Duli Firman Allah atau Duli Ruh Allah, melainkan hanya suatu firman dan suatu ruh sebagaimana yang dijelaskan.
    Dan hendaklah diingat bahwasannya seluruh manusia,menurut Al-Kitab , adalah roh Allah
    “Maka kemudian dari pada itu akan jadi, bahwa Aku (Tuhan) mencurahkan RohKu kepada segala manusia”. (Yoel 2:28)
    Terhadap masalah”nafas yang keluar dari mulutNya” juga bukan semata-mata milik Yesus coba anda buka kitab kejadian 2 pasal 7
    “Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan MENGHEMBUSKAN NAFAS HIDUP KE DALAM HIDUNGNYA; DEMIKIANLAH MANUSIA ITU MENJADI MAHLUK YANG HIDUP”
    Jadi menurut ayat diatas masalah Roh Allah atau nafas yang diberikanNya adalah masalah essensial yang wajib dimiliki oleh setiap manusia jikalau manusia itu akan menjadi mahluk yang hidup. Yang membuat saya bingung adalah panutan orang kristen saja, yakni Paulus, juga mengatakan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu
    “Tidak tahukah kamu bahwa kamu adalah Bait Allah dan bahwa ROH ALLAH DIAM DI DALAM KAMU (1KOR 3:16)
    gimana bang?

  33. Teman2ku yg ku kasihi baik muslim dan kristen or yg lain.

    Allah adalah Pencipta alam semesta ini termasuk kita(manusia). Allah tidak mau membinasakan umat2Nya yg telah Dia ciptakan, karena begitu besar kasih Allah kepada kita sehinnga Dia mengaruniakan AnakNya yg Tunggal kepda kita. Ingatlah, Allah ingin kita(manusia) tidak binasa melain hidup yg kekal di Sorga bukan dunia.
    Allah mengasihi umatNya, karena Allah mau umatNya selamat dr dosa, sehingga dia mengutus diriNya sendiri melalui Yesus Kristus. Dan meminjam rahim Maria yg kudus tanpa hubungan intim (krn Allah adalah kudus) Di tubuh Kristus itu sendiri, Allah tau segala nafsu dunia yg Ia rasakan ketika dia menjadi manusia. Allah rela merelakan dirinya disalibkan untuk kita,supaya dosa2 kita dihapuskan.
    Mengapa didalam Alkitab itu Tuhan Yesus berdoa kepada Allah lagi?? Menurut kalian itu mustahil kan?? Masa tuhan meminta tuhan lagi??….. TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BAGI DIA!… Didalam Tubuh Yesus Kristus itu sendiri Dia menjadi manusia( Firman itu telah menjadi manusia dan diam diantara kita dan kita telah melihat kemuliaanNya,yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya,sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan Kebenaran Yohanes 1:14). Dan Yesus berdoa kepada Allah??? Inikah yg membuat para Antikris yg langsung menolak arti Keajaiban dan kebenaran Yesus Kristus itu sendiri. Telah Allah genapi Firman itu (injil) telah menjadi manusia, tak ada yg mustahil. Dia berdoa karena dalam lahiriah manusia dia harus berdoa kepada Allah ( ini merupakan suatu contoh, walaupun Yesus itu Allah sendiri tetapi Dia dalam wujud manusia, Dia tak lupa berdoa. Dia selalu berharap pada Allah. Dalam wujud manusia, Yesus hanya dapat berdoa. Ketika Dia mati dikayu salib, penderitaanNya tidak sia2 menjadi wujud manusia, karena Allah sendiri dapat menyelamatkan manusia dr segala dosa kita,Amiin.
    Karena itulah sukacita yg saya dapatkan dr Tuhan Yesus tidak untuk saya sendiri saja, ttp saya bgkan kepada teman2 yg Muslim dan Kristen ataupun siapa saja. Ingatlah teman2 Tuhan tidak mau manusia itu binasa seberapa besar dosa kita, Dialah Raja Pengampunan,Kasih, dan Adil. Jangan sia2kan pengorbananNya. Hanya Allah sendiri yg dapat mengampuni dosa manusia. Siapakah Allah sendiri?? Yaitu Yesus jawabannya.
    Tuhan Yesus memberkati. Semoga bermanfaat kesaksian yg saya bgkan ini.

Leave a Response

You must be logged in to post a comment.