BISMILLAH – INTISARI AL-FATIHAH (24)

bismillah

BISMILLAH – INTISARI AL-FATIHAH (24)

Dalam Mukadimmah Al-Quran Bahasa Inggris (cetakan Pakistan) ditulis, “Bismillah is the quintessence of Al-Fatihah in the same manner as Al-Fatihah is the quintessence of the Qur’an itself.” Terjemahannya: Bismillah adalah intisari (saripati) Al-Fatihah sama seperti Al-Fatihah adalah intisari Al-Quran. Malahan Shehzad Saleem (Anggota Staff Institut Al-Mawrid di Lahore, Pakistan) menulis bahwa Bismillah memuat intisari seluruh Al-Quran. Penjelasan ini menekankan untuk kepentingan penyelidikan secara maksimal pada kata-kata Bismillah: Bismillahi  r-Rahmani r-Rahim. Kita perlu menilai isi Bismillah dalam terang ajaran Isa Al-Masih, Kalimat Allah. Kita hanya dapat mengartikan Bismillah dengan benar apabila kita mengerti apa yang ditekankan Isa sendiri sebagai hukum pertama dan kedua untuk umat beragama.

Dalam Injil Isa Al-Masih menjelaskan intisari Kitab Taurat dan Para Nabi sbb: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.” (Injil, Rasul Matius 22:37-40) Dengan demikian tujuan utama kita ialah menjadikan diri kita orang yang mengasihi Allah dan juga mengasihi sesama manusia.

Wassalam!

Staff, Isa dan Islam

“Tunjukilah kami jalan yang lurus . . . (Al-Fatihah 6)

Sabda Isa kepadanya, “Akulah jalan . . . ” (Injil, Rasul Yahya 14:6)

Sumber : www.isadanislam.com

  • Share/Bookmark

Apabila Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan atas artikel ini, silahkan menghubungi kami dengan cara klik link ini.

2 Comments

  1. Itulah arti lambang salib, adanya hubungan horizontal dengan Allah Pencipta dan hubungan vertikal dengan manusia lain sesama ciptaan.
    Bagi agama lain kedua hubungan tsb merupakan titik2 terpisah tanpa penghubungNya yaitu Yesus Kristus yang adalah Pengantara antara Allah dan manusia. Tanpa Yesus yang adalah Jalan dan Kebenaran maka manusia tidak akan pernah sampai kepada Allah.

  2. Tidak selalu lambang itu berbentuk salib seperti yang populer kita lihat.

    Lebih lengkap tentang lambang salib/cross:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Christian_cross

Leave a Response

You must be logged in to post a comment.